SELASA 22 NOVEMBER 2016

JAKARTA---Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya bersama Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey dan Wali Kota Manado Vicky Lumentut melakukan Peluncuran Kalender Wisata Pesona Manado 2017 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kantor Kementerian Pariwisata RI (Kemenpar RI), Senin Malam, 21/11/2016.

Beberapa Pasukan adat Kawasaran.

Peluncuran kalender wisata tersebut sebagai upaya mempromosikan dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Manado, Sulut 2017. Target yang harus dicapai adalah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sebanyak 51.110 orang dengan pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) sebesar 1,27 juta orang. Program ini sekaligus mendukung program pariwisata nasional Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia dalam mencapai target kunjungan wisatawan 2017 sebanyak 15 juta orang wisman dan 265 juta orang wisnus.

Dalam sambutannya, Menpar RI, Arief Yahya memberi apresiasi terhadap peluncuran Kalender Wisata Pesona Manado 2017 sebagai sarana mempromosikan pariwisata Kota Manado yang dikenal wisatawan mancanegara (wisman) dengan keindahan Taman Nasional Laut Bunaken.

"Sebagai destinasi wisata maritim kelas dunia memiliki nilai jual tinggi. Sasaran promosi gencar pariwisata Manado yang terutama adalah Tiongkok, karena belakangan ini Manado sudah menjadi destinasi favorit di kalangan wisatawan Tiongkok," papar Arief Yahya di Gedung Sapta Pesona, Senin malam, 21/11/2016.

"Besarnya minat turis Tiongkok mengunjungi Manado juga disebabkan adanya penerbangan langsung dari empat provinsi dan enam kota besar di Tiongkok ke Manado. Untuk Juli 2016 yang lalu, tercatat kenaikan 1.000 persen kunjungan wisatawan Tiongkok ke Manado," sambung Arief Yahya.

Penampilan atraktif dari Grup Kolintang " Bapontar ".


Gubernur Sulut, Olly Dondokambey juga mengatakan, sektor pariwisata Kota Manado memang menjadi andalan pemasukan bagi Provinsi Sulawesi Utara dan tentunya Kota Manado itu sendiri. Selain itu, sektor pariwisata juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat Manado.

"Pada 2015, sektor pariwisata memberikan kontribusi sebesar 28,17 persen dari total Produk Domestik Regional Bruto atau PDRB KotaManado," kata Olly Dondokambey di Gedung Sapta Pesona, Jakarta.

Masih menurut Olly Dondokambey, Kalender Pariwisata Manado 2017 ini merupakan agenda atraksi unggulan destinasi pariwisata Kota Manado yang digelar sepanjang 2017 dalam kemasan paket kegiatan serba unik dengan kualitas daya tarik destinasi yang bertujuan meningkatkan pengalaman kunjungan wisatawan, lama tinggal wisatawan di Manado, minat belanja serta mendorong timbul kembali minat kunjungan ulang para wisatawan tersebut.

"Untuk ini target kunjungan wisatawan ke Manado terus ditingkatkan.Target kami sampai akhir 2016 ini sebesar 46.464 orang wisman dan 1,27juta orang wisnus, dengan peningkatan target pada 2017 menjadi 51.110 orang wisman dan 1,37 juta orang wisnus," tutup Olly.

Suasana peluncur Kalender Wisata Kota Manado 2017.
Acara peluncuran Kalender Wisata Pesona Manado 2017 dibuka oleh penampilan Grup Kolintang kenamaan yakni " Bapontar " yang pada 2013 menerima penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia untuk kategori "Inovator Kolintang Sebagai Alat Musik Ansambel 25 set ". Selain itu, grup ini juga adalah Juara Pertama Festival Kolintang Internasional.

Kedatangan Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya beserta Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey dan Wali Kota Manado, Vicky Lumentut juga disambut sekaligus dihantar ke dalam Gedung Sapta Pesona oleh Pasukan adat khas Sulawesi Utara (Minahasa) berjuluk Pasukan Kawasaran.

Jurnalis: Miechell Koagouw/Editor: Irvan Sjafari/Foto: Miechel Koagouw



Bagikan:

Irvan Sjafari

Berikan Komentar: