SELASA, 29 NOVEMBER 2016
SUMENEP---Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, akan membantu fasilitasi pengembangan bakat warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Klas II B daerah setempat. Pasalnya, banyak di antara mereka yang memiliki kemampuan membuat suatu produk yang dapat menjadi peluang usaha nantinya ketika sudah bebas dari penjara, sehingga bakat tersebut harus tetap dikembangkan agar tidak lagi mengulangi perbuatannya yang melanggar hukum.
 
Dalam rangka terus meningkatkan bakat dan kemampuan dari masing-masing warga binaan yang ada di rumah tahanan ujung timur Pulau Garam ini, memang perlu adanya keterlibatan Pemda sehingga apabila memang membutuhkan pembinaan dan pelatihan untuk membuat sebuah produk hasil kerajinan tangan akan dibantu oleh dinas terkait. Harapannya, para warga binaan tersebut ke depan terus bisa menyalurkan kreativitasnya agar bisa menjalani hidup yang lebih baik dari yang sebelumnya.

Ahmad Fauzi, Wakil Bupati Kabupaten Sumenep bersama rombongan saat berkunjung ke Rutan Klas II B daerah setempat.
"Jadi warga binaan di sini banyak yang memiliki kemampuan dan berbakat baik. Tentunya perlu difasilitasi dengan mengundang Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) daerah ini untuk melihat warga binaan ini dan nanti apa yang bisa dibantu oleh Pemda," kata Ahmad Fauzi, Wakil Bupati Kabupaten Sumenep, saat berkunjung ke Rumah Tahanan (Rutan) Klas II B daerah setempat, Selasa (29/11/2016).

Warga binaan memang mempunyai daya kreativitas yang baik, mereka bisa bermain gamelan juga.
Disebutkan, bahwa kemampuan dan bakat yang dimiliki para warga binaan yang ada di Rutan tersebut memang perlu didorong untuk terus ditingkatkan, supaya ide-ide kreasi yang mereka miliki tetap tersalurkan. Karena banyak di antara mereka memang sangat keratif ketika melihat dari produk kerajinan tangan yang dihasilkan. Sangat berpeluang bersaing di pasaran.

"Makanya dengan kemampuan yang mereka miliki memang perlu didorong agar terus dituangkan selama menjalani masa tahanan. Sebab kerajinan yang mereka buat sangat bagus dan memiliki pangsa pasar jelas," jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga siap membantu beberapa fasilitas yang ada di rumah tahanan, sehingga pihak Rutan disarankan agar mengajukan proposal kepada Pemda. 
 
Jurnalis: M. Fahrul / Editor: Satmoko / Foto: M. Fahrul
Bagikan:

Satmoko Budi Santoso

Berikan Komentar: