SENIN 28 NOVEMBER 2016

LAMPUNG---Tidak terima kendaraannya ditilang polisi lalu lintas dalam Operasi Zebra 2016 seorang pengendara merobek kertas tilang yang diberikan polisi.  Pemilik kendaraan bahkan sempat bersitegang dalam razia Operasi Zebra Krakatau 2016 di Jalan Lintas Sumatera Desa Palembapang Kecamatan Kalianda tersebut.

Suasana Operasi Zebra di Lampung.
Berdasarkan penuturan petugas awalnya pengemudi truk colt diesel tersebut ditilang karena tidak membawa STNK dengan alasan ditilang di Merak. Ia bersikukuh tidak bisa ditilang ulang karena membawa fotocopi bukti surat tilang. Pengemudi bernama Andi Riansyah warga Lingkungan 1 RT 05 RW 03 Lampung Tengah membawa pisang dengan nomor polusi BE 9402 CC.

"Ia awalnya bersikukuh tidak bisa ditilang karena sudah membawa surat tilang bahkan langsung merobek surat tilang yang dibawa,"ungkap Ipda Juniko mendampingi Kasatlantas Polres Lampung Selatan Mubiarto, saat operasi Zebra hari ketiga belas, Senin (28/11/2016)

Meski demikian ia mengaku tetap memberi pengertian kepada pengendara tersebut untuk bersikap tenang dan bisa mengikuti aturan yang berlaku. Ia bahkan mengaku terkadang dalam razia terdapat orang yang membela diri meski salah. Surat tilang yang disobek pun langsung diganti oleh anggota polisi lalulintas yang bertugas dalam Operasi Zebra 2016.

Langkah yang dilakukan dengan melakukan penanganan secara persuasif dengan menjelang pelaksanaan Operasi Zebra 2016 berakhir. Sementara itu langkah tindakan tilang tetap dilakukan  yang dilakukan secara kontinu selama operasi berlangsung. Ia menegaskan rata rata pelanggaran lalu lintas di antaranya berkaitan dengan kelengkapan perseorangan berupa surat surat, helm,dan perlengkapan kendaraan lainnya.

Ia juga mengaku selama pelaksanaan operasi sebanyak hampir 2.000 pelanggaran berbagai jenis. Sementara itu di akhir Operasi Zebra Krakatau 2016 akan dilakukan sidang ditempat melibatkan polantas, hakim dan jaksa sidang ditempat dan dari 80 persen target sudah terlampaui selama operasi Krakatau 2016 .

Ia juga mengaku selama proses Operasi Zebra Polres Lampung Selatan melakukan operasi di dua Kabupaten yakni Kabupaten Lampung Selatan dan Kabupaten Pesawaran.

Jurnalis: Henk Widi/Editor: Irvan Sjafari/Foto: Henk Widi
Bagikan:

Irvan Sjafari

Berikan Komentar: