RABU, 30 NOVEMBER 2016
PONTIANAK---Humas SAR Pontianak, Untung Supriadi menyatakan, upaya pencarian terhadap korban hilang di perairan Sungai Kapuas Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, membuahkan hasil. Korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia. Adalah Zulkarnain. Ia merupakan korban hilang pada saat memancing ikan di perairan Sungai Kapuas.

Untung menyebut, Tim SAR gabungan melakukan berbagai langkah untuk menemukan seorang pemuda hilang itu. Bahkan, pihaknya menerjunkan Tim SAR gabungan. Itu dilakukan guna memperluas pencarian yang sebelumnya sekitar 3 nautical mile menjadi  4 nautical mile.

Kondisi Sungai Kapuas tempat ditemukannya korban yang hilang.
“Dengan 3 buah speed boat Tim SAR gabungan menyisir Sungai Kapuas di sekitar tempat terjatuhnya korban,” kata Untung.

Tak hanya itu, kata Untung, pihaknya juga menurunkan para penyelam. Ini juga terus dilakukan supaya korban ditemukan.

“Tidak hanya melakukan penyisiran dan penyelaman, Tim SAR gabungan juga menggeser tongkang yang diperkirakan korban terhimpit di bawah tongkang,” ujar Untung.

Awalnya, kata Untung, petugas  tidak menemukan tanda-tanda keberadaan korban. Akan tetapi, pencarian terus menerus dilakukan. Namun sayang, karena cuaca di sekitar lokasi kejadian tidak bersahabat, petugas pun beristirahat sejenak. 

“Mengingat cuaca hujan dan angin kencang yang melanda Kota Pontianak dan sekitarnya, tim memutuskan untuk menghentikan sementara pencarian,” ucap Untung.

Untung menjelaskan, pencarian dilakukan dengan pemantauan dan penyisiran di sekitar radius 4 nautical mile dari lokasi korban terakhir terlihat.

“Zulkarnain (25) tahun korban tenggelam ditemukan Tim SAR gabungan dalam keadaan meninggal dunia. Korban selanjutnya dievakuasi dan diserahkan ke pihak kepolisian untuk kepentingan visum,” kata Untung.

Untung menambahkan, dengan ditemukannya korban, operasi SAR dinyatakan ditutup. Semua unsur kembali ke kesatuan masing-masing.

Jurnalis: Aceng Mukaram / Editor: Satmoko / Foto: Aceng Mukaram


Bagikan:

Satmoko Budi Santoso

Berikan Komentar: