KAMIS 3 NOVEMBER 2016

SOLO --- Rencana aksi unjuk rasa massal yang digelar pada   4 November 2016 besok, juga diantisipasi oleh jajaran Polres Karanganyar. Meski secara nasional aksi dipusatkan di Jakarta, aksi  serupa juga digelar elemen Islam di karanganyar. Polres Karanganyar telah menyiapkan pengamanan penuh, baik dari personil Polri maupun TNI.



“Pengamanan akan dilakukan secara humanis selama berlangsungnya aksi yang dilakukan element umat islam di Karanganyar,” ujar Kapolres Karanganyar AKBP Ade Safri Simanjuntak usai menggelar Apel Siaga  yang digelar di alun-alun Plaza Karanganyar, Kamis (3/11/16).

Aksi terkait penistaan agama yang dilakukan Basuki Tjahya Peornama  alias Ahok ini yang rencananya diikuti seribuan umat islam. Rencananya aksi akan diawali dengan berkumpul di Masjid Agung Karanganyar dan selanjutkan long much menuju Taman Pancasila.

“Sebagai persiapan pengamanan, Polres telah menyiapkan 300 personil, dan di backup satu SSC personil Brimob Polda Jateng, serta dibantu personil TNI dari Kodim 0727 Karanganyar,” terang Kapolres.

Selama pengamanan aksi besok, Kapolres juga telah menyiapkan berbagai kemungkinan, termasuk aksi massa berlangsung tidak kondusif. Pihaknya menegaskan akan mementingkan kepentingan masyarakat luas,  dan akan bertindak tegas untuk menjaga kondusivitas di lingkungan Karanganyar.

“Kita himbau untuk tidak melakukan tindakan-tindakan melawan hukum maupun anarkis. Kami akan melakukan tindak tegas sesuai dengan perundangan yang berlaku, jika memang ada pihak yang membuat keamanan dan ketertiban terganggu,” imbuhnya.

Persiapan pengamana aksi unjuk rasa mengawal fatwa MUI terkait kasus peninstaan agama  juga dilakukan Polres Klaten.  Sekitar seribuan umat islam di Klaten bakal menggelar aksi serupa yang diawali di Alun-alun Klaten dan menuju Polres Klaten.

“Kami akan siapkan dan sediakan fasilitas untuk dapat berdiskusi dan komunikasi guna mencari solusi dari apa yang akan disampaikan kawan-kawan nanti. Kami tentu menyesuaikan dengan kondisi di lapangan, kami berharap semua dapat berjalan dengan aman dan tertib,” tandas Kapolres Klaten AKBP M. Darwis.

Jurnalis : Harun Alrosid/Editor: Irvan Sjafari/Foto: Harun Alrosid
Bagikan:

Irvan Sjafari

Berikan Komentar: