SENIN, 21 NOVEMBER 2016

YOGYAKARTA --- Komandan Pangkalan Udara Adisucipto, Marsekal Pertama Novyan Samyoga, meminta Pemerintah segera melakukan komunikasi dengan TNI AU terkait rencana Kementerian Perhubungan RI yang hendak mengubah peruntukan Lapangan Terbang Gading di Gunungkidul sebagai bandara perintis pariwisata.

Marsma Novyan Samyoga
Sebagai pemilik dan pengelola, TNI AU perlu mengetahui rencana detil pengembangan Lapangan Terbang (Lapter) Gading yang hendak diubah fungsinya sebagai Bandara Perintis Pariwisata. Hal demikian ditegaskan Novyan, saat ditemui di Markasnya, Senin (21/11/2016).

Novyan mengatakan, Lapter Gading selama ini difungsikan sebagai tempat latihan siswa penerbang dan kegiatan pengembangan teknologi perguruan tinggi. Lapter Gading, kata Novyan, merupakan fasilitas milik Lanud Adisutjipto, sehingga rencana revitalisasi dan pengembangannya, terlebih jika untuk penerbangan komersil, tentu harus berkoordinasi dengan TNI AU sebagai pemiliknya.

Apalagi, lanjut Novyan, saat ini lalu lintas udara di sekitar Bandara Udara Adisucipto sudah sangat ramai dan padat, sehingga pengembangan Lapter Gading pastinya akan semakin menambah padat aktifitas udara di sekitar Bandara Udara Adisucipto.

Namun demikian, Novyan mengatakan, terkait kepadatan lalu lintas udara tersebut tidak akan menjadi masalah sepanjang ada sistem yang mengutamakan keselamatan dan lalu lintas udara di sekitar Bandara Adisucipto tidak bertambah ruwet.

"Karena itu, rencana pengembangan Lapter Gading harus berkoordinasi dengan Markas Besar TNI AU. Kami sangat terbuka dengan rencana itu, apalagi rencana itu untuk pengembangan pariwisata di Gunungkidul," ungkapnya.

Lapangan Terbang Gading di Gunungkidul memiliki luas lebih dari 42 hektare dengan panjang landasan pacu sekitar 1.400 Meter dan lebar 30 Meter. Kementerian Perhubungan RI berencana mengubahnya menjadi bandar udara perintis guna mendukung pengembangan pariwisata di Gunungkidul yang saat ini memang sedang naik daun. 
Jurnalis : Koko Triarko / Editor : ME. Bijo Dirajo / Foto : Koko Triarko
Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: