SENIN, 21 NOVEMBER 2016

JAKARTA---Komisi Pemberantasaan Korupsi (KPK) hari ini dijadwalkan akan kembali melakukan pemeriksaan terhadap beberapa orang yang sebelumnya telah ditetapkan sebagai tersangka terkait dengan kasus perkara suap atau Tindak Pidana Korupsi (Tipikor). Sebelumnya diketahui bahwa pihak penyidik KPK telah menetapkan status tersangka dan telah menahan orang yang bersangkutan.

Salah satu oknum tersangka yang akan menjalani pemeriksaan oleh penyidik KPK di Gedung KPK Jakarta tersebut adalah Farizal. Farizal belakangan diketahui sebagai seorang oknum PNS atau jaksa yang bekerja di Kejaksaan Tinggi (Kejati) Provinsi Sumatera Barat. Farizal sebelumnya diketahui telah ditahan oleh penyidik KPK beberapa waktu yang lalu.

Menurut keterangan penyidik KPK, Farizal diduga telah menerima sejumlah uang sebesar Rp 365 juta dari seorang terdakwa sekaligus pengusaha yaitu Xaveriandy Susanto. Uang tersebut diberikan untuk mengurus sebuah kasus perkara dugaan penjualan gula impor tanpa mempunyai Sertifikat Nasional Indonesia (SNI) yang perkaranya sedang ditangani Pengadilan Negeri (PN) Padang, Provinsi Sumatera Barat.


Yuyuk Andriati, Plh Kabiro Humas KPK di Gedung KPK Jakarta menjelaskan pemeriksaan terhadap Farizal dan Hartoyo.
Selain memeriksa Farizal, penyidik KPK juga melakukan pemeriksaan terhadap Hartoyo, yang belakangan diketahui sebagai seorang pihak yang memberikan uang suap dalam kasus perkara proses lelang tender proyek pengadaan alat-alat kelengkapan sekolah di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten (Disbudpar) Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Hartoyo belakangan diketahui diduga telah memberikan uang suap sebesar Rp 70 juta terhadap beberapa orang Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kebumen. Hartoyo rencananya menjanjikan akan memberikan total uang tunai sebesar Rp 800 juta kepada sejumlah anggota DPRD Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

"2 orang tersangka kasus perkara suap yang sebelumnya telah ditahan oleh penyidik KPK hari ini dijadwalkan akan menjalani proses pemeriksaan lanjutan di Gedung KPK Jakarta. Keduanya diperiksa dalam kasus perkara yang berbeda. Masing-masing Hartoyo, seorang pengusaha dalam kasus suap kepada sejumlah anggota DPRD Kabupaten Kebumen. Selain itu penyidik KPK juga memeriksa Farizal, seorang jaksa dalam kasus suap di Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sumatera Barat," kata Yuyuk Andriati, Plh Kabiro Humas KPK di Jakarta, Senin (21/11/2016).


Jurnalis: Eko Sulestyono / Editor : Satmoko / Foto: Eko Sulestyono




Bagikan:

Satmoko Budi Santoso

Berikan Komentar: