SELASA 29 NOVEMBER 2016

JAKARTA---Terkait dengan pengembangan dan penyelidikan terkait kasus perkara dugaan suap dalam proyek pengadaan alat peraga dan kelengkapan sekolah di Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah, penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini memanggil dan melakukan  pemeriksaan terhadap Ahmad Ujan Sugiono, Kepala Dinas Pendidikan dan Olah Raga (Disdikpora) Kabupaten Kebumen.

Yuyuk Andriati (berkacamata), Plh Kabiro Humas KPK di Jakarta.
Penyidik KPK rencananya akan melakukan pemeriksaan terhadap Kadisdikpora Kabupaten Kebumen Ahmad Ujan Sugiono sebagai saksi terkait dengan kasus perkara suap yang dilakukan oleh tersangka Hartoyo, Direktur Utama PT. Otoda Sukses Mandiri Abadi (OSMA) Group. Hartoyo diduga melakukan penyuapan terhadap beberapa oknum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kebumen.

Selain itu Ahmad Ujan Sugiono juga akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Sigit Widodo yang tak lain adalah seorang oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kebumen.

Sebelumnya diberitakan bahwa Hartoyo diduga telah memberikan uang suap senilai 70 juta Rupiah untuk memenangkan lelang tender sejumlah proyek di Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah.

Beberapa waktu yang lalu diberitakan bahwa KPK sempat melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) di beberapa lokasi di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Dalam OTT tersebut, KPK berhasil menangkap beberapa oknum.

Anggota DPRD Kabupaten Kebumen dan oknum PNS setempat. Selain itu KPK juga berhasil mengamankan uang tunai senilai 70 juta rupiah sebagai barang bukti yang diduga sebagai uang suap terkait pemenangan sejumlah lelang proyek di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

"Ahmad Ujan Sugiono, Kadisdikpora Kabupaten Kebumen menjalani pemeriksaan dan dimintai keterangannya sebagai saksi oleh penyidik KPK untuk dua tersangka sekaligus, masing-masing adalah Hartoyo, Direktur Utama PT. OSMA Group dan Sigit Widodo, seorang PNS Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kebumen, pemeriksaan tersebut terkait dengan dugaan suap tender lelang proyek di Kabupaten Kebumen" kata Yuyuk Andriati, Plh Kabiro Humas KPK   kepada wartawan, Selasa siang (29/11/2016).

Sementara itu, hingga saat ini penyidik KPK telah menetapkan Yuddhy Tri Hartanto, mantan Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Kebumen dan Sigit Widodo, oknum PNS Dinas Kebudayaan sebagai tersangka. Kedua tersangka yang diduga sebagai pihak penerima suap tersebut sudah ditahan penyidik KPK. Sedangkan tersangka Hartoyo, Direktur Utama PT. OSMA Group juga  sebagai pihak pemberi uang suap senilai  Rp70 juta  tersebut juga sudah resmi ditahan penyidik KPK.

Jurnalis: Eko Sulestyno/Editor: Irvan Sjafari/Foto: Eko Sulestyono

Bagikan:

Irvan Sjafari

Berikan Komentar: