SENIN, 14 NOVEMBER 2016

SOLO --- Kampanyekan cegah penyakit diabetes, belasan warga Sukoharjo, Jawa Tengah gelar lomba minum air putih di jalan raya. Kegiatan yang digelar di seputaran Bunderan Patung Pandawa, Solo Baru ini sekaligus untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang diperingati setiap tanggal 11 November.


Dengan membawa spanduk bertuliskan ajakan untuk memperbanyak minum air putih, belasan warga ini mendatangi satu persatu pengguna jalan yang tengah melintas. Para warga ini juga menyampaikan pesan kepada masyarakat untuk mengurangi minuman berkarbonasi tinggi.

“Aksi ini sebagai bentuk untuk memerangi penyakit diabetes. Karena penyakit ini salah satu yang menyebabkan tingkat kematian di dunia masih tinggi,” ujar Agus Widanarko salah satu perwakilan aksi, Senin (14/11/16).

Selain untuk kampanyekan mencegah penyakit diabetes, aksi ini juga menyambut hari diabetes sedunia yang jatuh pada tanggal 14 November. Aksi simpatik  yang diawali dengan lomba minum air putih yang diikuti oleh perwakilan kepolisian, wartawan, dan kelompok kepemudaan. 

“Dilanjutkan dengan aksi bagi-bagi air putih kepada setiap pengendara yang lewat,” tambahnya.

Dengan aksi simpatik ini, kedepan diharapkan masyarakat akan lebih tahu tentang bahaya penyakit diabetes yang dapat menyerang siapa saja. 

“Karena diabetes merupakan penyakit pembunuh ketiga berbahaya,” tandanya.


Ditambahkan, diabetes merupakan penyakit gangguan metabolik menahun akibat pankreas tidak memproduksi cukup insulin. Atau dengan kata lain, tubuh tidak dapat menggunakan insulin yang diproduksi secara efektif. 

“Menurut data WHO, peningkatan kasus penderita diabetes meningkat drastis di tahun 2014,” pungkasnya. 
Jurnalis : Harun Alrosid / Editor : ME. Bijo Dirajo / Foto : Harun Alrosid
Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: