KAMIS, 10 NOVEMBER 2016

SUMENEP --- Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, ratusan siswa di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar aksi tabur bungan di makam para pejuang kemerdekaan daerah setempat pada hari Kamis (10/11/2016). Hal itu bertujuan untuk mengenang para pahlawan yang berhasil menjadikan Negara ini, sehingga jasanya harus selalu dikenang terutama oleh para generasi penerus bangsa ini.


Kegiatan yang dilakukan oleh siswa di lembaga pendidikan AT-Taufiqiyah, Desa Aeng Beje Raje, Kecamatan Bluto ini memang rutin digelar setiap tahun pada saat Hari Pahlawan, karena dengan kegiatan tersebut dapat memupuk para siswa sejak dini agar mereka tetap selalu mengenang dan menghargai para pahlawan. Sebab perjuangan pahlawan itu cukup besar dalam menjaga keutuhan Negara hingga rela mengorbankan dirinya untuk melawan penjajah yang akan menguasai Negara Indonesia.


“Kegiatan ini merupakan sarana mengedukasi anak didik untuk mengingat Hari Pahlawan, karena di zaman modern seperti ini sangat penting diberi pemahan agar tidak melupakan sejarah para pahlawan yang telah berjuang untuk Negara ini. Makanya kegiatan ini sangat tepat menjadi pengingat siswa terhadap perjuangan para pahlawan,” kata Homaidi,  Kepala Sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI) AT-Taufiqiyah, Desa Aeng Beje Raje, Kecamatan Bluto, Kabupaten Sumenep, Kamis (10/11/2016).


Disebutkan, bahwa dengan membawa seluruh anak didiknya ke makam pahlawan secara langsung akan dapat tertanam sebuah karakter kepada mereka bahwa para pahlawan tidak boleh dilupakan begitu saja, sehingga dengan cara itu memang sangat tepat bagi siswa-siswi agar tetap bisa mengenang para pahlawan. Karena pada saat zaman seperti ini, terkadang generasi muda seringkali mudah melupakan perjuangan para pahlawan yang ada di daerah ini.


“Saya menanamkan karakter kepada para siswa dengan membawa langsung ke taman makam pahlawan yang ada di daerah ini nantinya biar tertanam jiwa patriotisme pada mereka. Sehingga ia akan tetap mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur bersama bangsa dalam mempertahankan Negara ini,” jelasnya.
 

Sementara, Fayyasy Auval Fuadi (7), salah salah satu siswa Sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI) AT-Taufiqiyah sangat merasa senang dengan adanya kegiatan memperingati Hari Pahlawan dengan mendatangi langsung makam pahlawan yang ada di daerah ini. Karena dengan itu ia bisa melakukan tabur bunga di makam para pejuang, sehingga itu akan menjadi pengingat bagi dirinya akan selalu tetap mengenang para pahlawan yang telah membela Negara ini.

“Saya sangat senang bisa melakukan tabur bunga di makam pahlawan. Selain itu kita bisa mengetahui nilai-nilai dan semangat perjuangan para pahlawan dalam melawan penjajahan,” terangnya.


Dalam kegiatan ini, ratusan siswa dari tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) hingga Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang ada di lembaga tersebut bukan hanya melakukan tabor bunga saja. Melainkan mereka juga  mengelilingi areal makam pahlawan sambil mengibarkan bendera merah putih serta sambil menyanyikan lagu indonesia raya yang didiringi aksi teatrikal dengan menggambarkan rasa kehilangan yang mendalam serta penghargaan terhadap para pejuang.

Jurnalis : M. Fahrul / Editor : Rayvan Lesilolo / Foto : M. Fahrul
Bagikan:

Rayvan Lesilolo

Berikan Komentar: