RABU 23 NOVEMBER 2016

LAMPUNG---Kegiatan Lampung Selatan Fair (LSF) 2016 yang digelar di lapangan Cipta Karya Kalianda Lampung Selatan dipastikan dibuka pada (23/11) ini. Menurut asisten ekonomi pembangunan Sekdakab Lampung Selatan Erlan Murdiantono, kegiatan yang dilakukan setiap tahun bertepatan dengan peringatan ulang tahun Kabupaten Lampung Selatan ke-60 merupakan ajang mempromosikan semua potensi positif yang ada di Lampung Selatan.

Lokasi tempat berlangsungnya Lampung Selatan Fair 2016: Pameran Pembangunan, Hiburan dan Promosi Wisata.


Potensi yang ada di Lampung Selatan misalnya,  pada bidang ekonomi kerakyatan, kepariwisataan, pembangunan, perdagangan, industri kreatif dan sektor-sektor lain yang ditunjukkan dengan kehadiran setiap wakil dari instansi yang ada di Pemkab Lampung Selatan maupun masyarakat dan swasta.

Erlan menuturkan, LSF 2016 yang juga merupakan kegiatan pameran pembangunan berbeda dengan tahun tahun sebelumnya karena pengunjung masyarakat umum bisa menikmati berbagai hiburan, menikmati sajian kuliner, atau membeli produk produk kerajinan lokal dan diberi kesempatan memperoleh doorprize (kejutan) yang telah disediakan panitia. Antusiasme peserta juga terlihat dengan sudah berdirinya stan stan yang berupa tenda khusus dan peserta LSF 2016 telah melakukan aktifitas memajang berbagai barang yang akan dipamerkan bahkan sebagian sudah aktif melakukan transaksi sejak sepekan sebelum LSF 2016 dibuka.

"Sambutan peserta antusias, masyarakat juga antusias karena dengan adanya ratusan stan dan juga berbagai keunikan yang ditampilkan serta konsep yang lebih matang dari tahun sebelumnya membuat penyelenggaraan LSF 2016 lebih terlihat siap,"ungkap asisten Ekonomi Pembangunan Setdakab Lampung Selatan Erlan Murdiantono, Rabu (23/11/2016).

Sejak sebelum pelaksanaan LSF 2016 Erlan bahkan mengajak setiap usaha mikro kecil menengah (UMKM) terlibat dalam kegiatan tersebut sehingga sebelum dibuka dari sebanyak 102 tenda yang disediakan panitia ludes terjual.

Sementara itu Dinas Koperasi,UMKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) selaku panitia penyelenggaraan LSF 2016 yang akan berlangsung dari 23 November hingga 2 Desember juga telah jauh jauh hari melakukan persiapan. Kepala Bidang promosi dan Pengembangan Usaha Diskoperindag dan UMKM, Irhamni,menegaskan partisipasi peserta cukup memuaskan pada tahun ini dengan terlihat banyaknya keikutsertaan peserta. Ia bahkan mencatat semua kalangan usaha kecil menengah dipastikan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

"Ada kekhasan dalam pelaksanaan tahun ini dimana setiap stan wajib memasang penjor dengan lampu hias dan nanti akan mendapat penilaian khusus dengan mendapat piala Bupati Lampung Selatan,"ungkap Irhamni.

Tenda tenda sarnafil berukuran kecil juga akan dilengkapi dengan panggung berukuran 12x12 meter dengan tinggi kurang lebih 2 meter yang akan menjadi titik utama malam pembukaan yang dipastikan akan diisi oleh band D'Bagindas .

Sementara khusus bagi pedagang kuliner panitia menyiapkan lokasi khusus serta untuk memudahkan pengunjung diantaranya lokasi khusus di depan Gedung olahraga (GOR) Kalianda yang lokasinya bersebelahan dengan lokasi LSF 2016. tenda sarnafil yang dikhususkan bagi peserta menurut Irhamni bagi setiap SKPD dan kecamatan akan digratiskan sementara bagi pelaku usaha kecil dan swasta lokal maupun luar daerah akan dikenakan tarif sewa sebesar Rp4juta per peserta dan BUMD sebesar Rp5juta selama 10 hari acara LSF 2016 berlangsung. Pemungutan biaya sewa juga menurut panitia ditangani oleh pihak Even Organizer (EO) dalam penyelanggaraan pameran tersebut.

Pentingnya acara tersebut sebagai kegiatan promosi wisata dan pembangunan di Lampung Selatan membuat acara tersebut direncanakan akan dibuka oleh Ketua MPR RI Zulkifli Hasan dan Menteri Pariwisata RI Arief Yahya. Potensi wisata yang mendunia di antaranya Lampung Selatan sebagai gerbang Sumatera dengan Menara Siger dan Gunung Krakatau membuat LSF 2016 sebagai ajang promosi wisata yang dimaksudkan memperkenalkan wisata Lampung Selatan di kancah internasional.

Jurnalis: Henk Widi/Editor: Irvan Sjafari/Foto: Henk Widi
Bagikan:

Irvan Sjafari

Berikan Komentar: