KAMIS 17 NOVEMBER 2016

JAKARTA---Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) benar-benar bertekad untuk terus mengembangkan dan mengusut tuntas salah satu kasus perkara dugaan korupsi besar, yaitu dugaan "penggelembungan anggaran" terkait dengan proyek pengadaan Kartu Tanda Penduduk (KTP)Elektronik atau e- KTP Nasional untuk seluruh rakyat Indonesia yang diduga merugikan keuangan negara lebih dari 2 triliun Rupiah.


Priharsa Nugraha, Kabag Pemberitaan dan Publikasi KPK.



Hari ini penyidik KPK dijadwalkan akan memanggil pimpinan atau bos perusahaan konsorsium yaitu PT. Quadra Solution yang bernama Anang Sugiana Sudihardjo untuk dimintai keterangan dan menjalani pemeriksaan sebagai saksi terkait dengan adanya dugaan korupsi terkait dengan proyek pengadaan e-KTP Nasional tersebut.

PT. Quadra Solution belakangan diketahui merupakan salah satu perusahaan swastapemenang tender proyek pengadaan e-KTP Nasional di Kemendagri tersebut. Sementarai tu konsorsium yang menamakan dirinya sebagai konsorsium Percetakan Negara RI yangterdiri dari Perum PNRI, PT. LEN Industri, PT. Sucofindo, PT. Sandipala Antharput dan PT. Quadra Solution belakangan diketahui merupakan pemenang proyek pengadaan e-KTP tersebut.

Anang Sugianto Sudihardja rencananya akan bersaksi untuk tersangka Irman, yaitu mantan Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia. PT. Quadra Solution belakangan diketahui telah memenangkan tender pengadaan perangkat keras dan perangkat lunak.

Sementara itu menurut keterangan pihak KPK, mekanisme proyek pengadaan e-KTP Nasional tersebut sebenarnya memang sepenuhnya merupakan kewenangan Kemendagri, namun Dukcapil sebagai lembaga yang berada di dalam naungan Kemendagri juga ikut bertanggung jawab terkait dengan tender atau lelang proyek pengadaan e-KTP Nasional tersebut.

Priharsa Nugraha, Kabag Pemberitaan dan Publikasi KPK mengatakan "penyidik KPK hari ini dijadwalkan memanggil dan meminta keterangan Anang Sugianto Sugihardja, pimpinan atau bos PT. Quadra Solution sebagai saksi untuk tersangka Irman, mantan Dirjen Dukcapil Kemendagri terkait  dugaan korupsi proyek pengadaan e-KTP Nasional, PT Quadra Solution diketahui merupakan salah satu perusahaan swasta yang memenangkan tender lelang proyek pengadaan perangkat keras dan lunak," katanya di Gedung KPK Jakarta, Kamis pagi (17/11/2016).

Jurnalis: Eko Sulestyono/Editor: Irvan Sjafari/Foto: Eko Sulestyanto
Bagikan:

Irvan Sjafari

Berikan Komentar: