RABU  16 NOVEMBER 2016


JAYAPURA---Pemuda berinisial MM berusia 17 tahun, siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Waris, Kabupaten Keerom tertangkap tangan hendak membawa kurang lebih satu kilogram narkoba jenis ganja dari Kabupaten Keerom menuju Kabupaten Biak menggunakan Kapal Motor (KM) Ciremai.



"Saat dilakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan penumpang kapal Pelni Ciremai, pemuda MM tertangkap tangan  membawa ganja satu kantong plastik bening didalam tas ransel warna hitam," kata Wakapolsek Kepolisian Pelabuhan Laut (KPL) Jayapura, IPTU Aniez Buiney, Rabu (16/11/2016).

Sebelum diperiksa, lanjut Wakapolsek, pelaku sudah dicurigai membawa barang terlarang, terlihat dari sikap pelaku saat mengantri dalam pemeriksaan. "Sekarang pelaku dan barang bukti sudah diamankan di Polsek, dan akan diserahkan ke Satuan Narkoba Polrea Jayapura Kota untuk diproses hukum selanjutnya," ujarnya.

Dari hasil interogasi singkat di Polsek KPL Jayapura, masih kata Wakapolsek, pelaku mengaku memiliki barang tersebut dengan seseorang rekan berinisial R yang beralamat di Bumi Perkemahan (Buper) Waena, Kota Jayapura.

"Pelaku berencana membawa daun ganja tersebut ke Kabupaten Biak menggunakan KM Ciremai untuk diserahkan kepada seseorang bernama Randy," kata Aniez.

Maraknya peredaran ganja antar Kabupaten/Kota ini menjadi bukti, perlu penjagaan ekstra di wilayah antar kabupaten maupun antar negara Indonesia dan Papua New Guinea (PNG). Terlebih khusus terus menerus dilakukan sosialisasi dampak mengkonsumsi ataupun mengedarkan barang haram tersebut. 

Jurnalis: Indrayadi T Hatta/ Editor: Irvan Sjafari/Foto: Indrayadi T Hatta
Bagikan:

Irvan Sjafari

Berikan Komentar: