SENIN 28 NOVEMBER 2016

MANADO --- Mungkin banyak masyarakat yang kurang mengetahui tempat karantina satwa yang di lindungi salah satunya ada di Sulawesi Utara (Sulut) selain di Kalimantan. Pusat penyelamatan Satwa yang berada di Sulut, yaitu Tasikoki, letaknya berada di Kecamatan Kema Kabupaten Minahasa Utara.

Billy Lolowang Petugas Tasikoki saat memberikan penjelasan tentang cara kerja Tasikoki menangani satwa di lindungi pada peserta jurnalis trip.
Menurut Billy Lolowang salah satu petugas Pusat Penyelamatan Satwa Tasikoki, lembaga ini didirikan di Sulut karena daerah ini menjadi lokasi lalulintas atau jalur untuk penyelundupan satwa di lindungi, baik melalui darat, laut maupun udara, sehingga Tasikoki ini didirikan di Sulut.

"Kalau dilihat dari peta Indonesia, Sulut memang menjadi salah satu daerah tujuan penyelundupan satwa dilindungi karena letaknya sangat strategis, karena itu tidak heran banyak kita temukan satwa dilindungi diamankan di Sulut, dan sampai saat ini sudah ada lebih dari 400 jenis satwa yang di amankan di Tasikoki", ungkapnya Sabtu (26/11/2016) akhir pekan lalu saat menerima kunjungan Jurnalis Trip AJI Manado.

Sementara itu Ketua AJI Manado Yoseph E. Ikanubun kepada Cendana News mengatakan, di pilihnya Tasikoki sebagai salah satu lokasi Jurnalis Trip untuk melihat langsung bagaimana kerja dari para relawan yang bertugas di Tasikoki, di mana kita tahu bersama Tasikoki didirikan oleh yayasan swasta yang diberi nama yayasan Masarang sehingga teman-teman media perlu mengetahui perbandingan lembaga yang didirikan oleh swasta maupun pemerintah terutama dalam penanganan satwa dilindungi.

"Dari Jurnalis Trip ini AJI Manado berharap teman-teman wartawan bisa lebih banyak menulis dan menyoroti isu lingkungan di media, agar masyarakat bisa mendapat edukasi yang baik tentang masalah lingkungan hidup dan salah satunya mengenai penanganan satwa yang dilindungi, ungkapnya Senin (28/11/2016).

Burung Kakaktua asal Papua yang berhasil diselamatkan

Jurnalis: Ishak Kusrant/Editor: Irvan Sjafari/Foto; Ishak Kusrant


Bagikan:

Irvan Sjafari

Berikan Komentar: