KAMIS 3 NOVEMBER 2016

LAMPUNG-Ratusan massa dari berbagai organisasi massa Islam asal kota Bandarlampung mulai tiba di pintu masuk Pelabuhan Bakauheni. Rombongan yang sebagian besar bersorban putih tersebut terlihat menumpang 4 buah bus penumpang di antaranya Bus PHB, dua buah bus Tridara, bus pariwisata dan berbagai kendaraan pribadi. Menurut Kabagops Polres Lampung Selatan Kompol Yustam Dwi Heno sejak  (3/11) dini hari beberapa unit kendaraan pengangkut para calon demonstran sudah berdatangan untuk merencanakan demo besar di Jakarta pada (4/11) esok.

Salah satu bus rombongan Ormas Islam.


Beberapa kendaraan bus dengan kapasitas 50 orang tersebut sebagian berasal dari wilayah Bandarlampung dan sekitarnya. Sementara itu sekitar 7 bus dan 6 bus dari Palembang sudah menyeberang ke Jakarta diantaranya menggunakan kapal laut dari Pelabuhan Bakauheni menuju Merak.

Sementara diperkirakan ratusan massa dari Provinsi Jambi masih dalam perjalanan menuju Pelabuhan Bakauheni sebanyak 6 unit bus.

"Kami lakukan pengamanan dari polisi dan TNI yang juga memeriksa seluruh rombongan massa yang berencana melakukan aksi unjuk rasa di Jakarta.  Mereka steril tidak ditemukan barang atau benda membahayakan," ungkap Yustam di Seaport Interdiction Pelabuhan Bakauheni,Kamis(3/11/2016).

Ratusan massa dari berbagai wilayah di Pulau Sumatera tersebut menurut Yustam sebelumnya telah mendapat pemeriksaan di Polda Lampung sehingga sterilisasi massa yang membawa barang terlarang bisa dihindari. Sebanyak satu peleton pasukan dari Polres Lampung Selatan dan Kodim 0421/LS dan Korem 43/Gatam bahkan disiagakan di semua titik Pelabuhan Bakauheni.

Status siaga 1 yang sudah diberlakukan oleh Polri.  Aparat menjaga setiap pintu dari berbagai provinsi di Indonesia termasuk pintu keluar Pulau Sumatera. Bus bus yang membawa penumpang dari berbagai ormas bahkan dilengkapi satu kendaraan medis yang dipersiapkan oleh rombongan massa demonstran.

Satu kendaraan fortuner yang terlihat paling depan dengan penumpangbersorban. Salah seorang anggota rombongan, Mubarok, mengaku ratusan massa tersebut seluruhnya dari Bandarlampung. 
Dia memastikan akan ada rombongan lain dari kabupaten di Lampung. Setiap rombongan dalam satu unit bus dipimpin oleh satu orang pemimpin yang akan mengkoordinir saat dalam perjalanan dan saat di Jakarta.

Aksi unjuk rasa yang disebabkan oleh pernyataan mantan Gubernur DKI Jakarta yang mengeluarkan
kalimat yang dianggap menistakan agama tertentu. Reaksinya ratusan ribu massa dalam aksi bela Islam yang akan digelar di Jakarta. Pintu keluar Pulau Sumatera menjadi titik krusial yang dijaga dalam upaya mengantisipasi pergerakan massa dari berbagai provinsi di Sumatera.

Jurnalis: Henk Widi/Editor: Irvan Sjafari/Foto: Henk Widi
Bagikan:

Irvan Sjafari

Berikan Komentar: