SENIN, 21 NOVEMBER 2016
SOLO---Ada yang berbeda dalam Operasi Zebra Candi 2016, yang digelar oleh ajaran Polres  Karanganyar, Jawa Tengah . Tak hanya memeriksa, dalam razia  ini petugas kepolisian bahkan memberi hadiah berupa kue promoter bagi pengendara yang melengkapi surat-surat kendaraannya.
 
“Ini kita lakukan sebagai ungkapan terima kasih kepada pengendara yang mau tertib berlalu lintas saat berkendaraan,” ucap Kasat Lantas Polres Karanganyar AKP Ahdi  Rizaliansyah, kepada awak media disela-sela operasi, Senin sore (21/11/16).

Kasat Lantas Polres Karanganyar AKP Ahdi  Rizaliansyah memberikan keterangan mengenai visi razia simpatik.
Razia Zebra Candi 2016, Polri menekankan akan pentingnya pencegahan dan meminimalisir angka kecelakaan dengan razia surat-surat kelengkapan. Dalam razia ini, polisi juga melakukan operasi secara humanis dan simpatik. Dengan memberikan hadiah berupa kue promoter, polisi berupaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tertib berlalulintas.

“Karena dengan  tertib berlalulintas, secara otomotis mampu mengurangi resiko kecelakaan lalulintas saat berkendaraan,” tekan AKP Ahdi.

Petugas Polres Karanganyar melakukan pendekatan humanis dalam razia simpatik dengan membagikan kue.
Dalam razia simpatik ini, setidaknya 400 kue kukis promoter disiapkan untuk pengendara yang melengkapi surat-surat berkendaraan. Meski begitu, tak sedikit yang tidak mampu menunjukkan surat-surat kendaraan diberikan sanksi tegas, yakni berupa tilang.  “Untuk yang tidak lengkap, tetap kita kenai tilang,” imbuhnya.

Meski begitu, tak sedikit pengendara yang mendapat hadiah spesial tersebut mengaku senang karena razia dilakukan dengan humanis. Bahkan, pengendara secara terang-terangan meminta agar razia simpatik dengan memberikan hadian tersebut perlu ditingkatkan.


Pengendara kendaraan pun merasa senang dengan perlakukan razia simpatik Polres Karanganyar.
“Saya kira razia seperti ini perlu ditingkatkan. Tidak hanya punishment tetapi pemberian seperti reward  seperti ini bagus juga,” ucap Pratiwi, salah satu pelajar yang mengaku senang mendapat hadiah berupa kue promoter tersebut.

Keakraban petugas dan masyarakat dalam sebuah razia simpatik.
Menurutnya, selain dapat memberikan  motivasi agar pengendara melengkapi kelengkapan kendaraan,  pemberian hadiah tersebut juga  meningkatkan budaya tertib berlalulintas.

Jurnalis: Harun Alrosid/ Editor: Satmoko/ Foto: Harun Alrosid









Bagikan:

Satmoko Budi Santoso

Berikan Komentar: