SELASA, 29 NOVEMBER 2016
SURABAYA---Dalam Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) yang diadakan di Universitas Lampung, pada (23-26/11/2016), tim robot terbang Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya berhasil menyabet gelar juara.

Tim dari ITS ini, menerjunkan tiga robot terbang andalannya untuk ikut dalam tiga kategori lomba. Pertama, robot terbang memutar dengan memperhatikan pada kecepatan naik turun robot pada daerah yang sudah ditentukan. Kedua, robot terbang untuk pemetaan dengan penilaian hasil pemetaan dan pembuatan peta lokasi. Dan ketiga, robot terbang pemadam titik api. Ketiga robot yang diterjunkan tersebut masing-masing diberi nama Bajoel Mabur, Soero Miber, dan Jatayu Jet_10.

Tim robot ITS memenangkan kompetisi KRTI.
Dalam perlombaan tahunan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) ini, robot Jatayu Jet 10 dan Soero Miber dari ITS berhasil menyabet juara.

Robot Jatayu yang menawan.
“Usaha dan persiapan sudah kami lakukan hampir satu tahun lamanya,” tutur Rudy Dikairono S.T., M.T., dosen pembimbing tim robot terbang ITS, berdasarkan keterangan tertulis dari humas ITS. Rudy mengaku merasa puas, akhirnya kerja keras tim yang dibinanya selama ini mampu membuahkan hasil yang membanggakan.

Dalam kompetisi yang diikuti 73 tim dari 29 perguruan tinggi di Indonesia ini, tim asuhannya berhasil menjuarai dua kategori lomba dari tiga kategori yang dipertandingkan. Tim Soero Miber berhasil meraih juara tiga pada divisi Vertical Take-Off Landing (VTOL). Robot ini mampu memadamkan api dan menemukan titik api secara otomatis. Sedangkan robot Jatayu Jet_10 pada divisi Racing Plane (RP), berhasil menyabet juara pertama. Robot ini mampu menempuh jarak 700 meter dan mampu terbang secara otomatis saat di udara.

Rudy berharap, ke depannya bisa ditingkatkan lagi untuk capaian yang lebih baik.

“Kami akan terus memperbaiki apa yang belum kami raih pada lomba sebelumnya. Tahun depan kami harap bisa mendapatkan hasil yang jauh lebih baik lagi dari tahun ini,” tandasnya.

Jurnalis: Nanang WP / Editor: Satmoko / Foto: Nanang WP
Bagikan:

Satmoko Budi Santoso

Berikan Komentar: