SELASA, 29 NOVEMBER 2016

SUMENEP --- Sempitnya ruang hunian di Rumah Tahanan (Rutan) Klas II B Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, terpaksa harus menampung warga binaan sampai melebihi kapasitas. Pasalnya keberadaan ruangan yang  kurang memadai tersebut saat ini masih dalam tahap pengajuan untuk penambahan kapasitas, sehingga sambil menunggu ruangan yang ada tetap difungsikan meski sedikit berdesak-desakan.

Suasana rutan yang melebihi kapasitas.
Semestinya ruang hunian Rumah Tahanan (Rutan) di ujung timur Pulau Madura ini hanya mampu menampung penghuni sebanyak 91 orang, namun saat ini penghuni tersebut mencapai 162 orang. Sehingga banyaknya penghuni tersebut sudah melewati standar ketentuan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), maka dari memang perlu adanya perluasan ruang hunian dalam menampung nara pidana (Napi) tidak lagi sampai melebihi kapasitas.

“Kapasitas ruang hunian yang ada disini hanya untuk 91 penghuni dengan keluasan bangunan dan tempat tidur, berarti saat ini sudah melebihi kapasitas. Jadi langkah-langkah dilakukan yaitu mengusulkan ke Kementerian kami,” kata Ketut Akbar Herry Ahyar, Kepala Rumah Tahanan (Rutan) Klas II B Kabupaten Sumenep, Selasa (29/11/2016).

Disebutkan, bahwa ketika ruang hunian tidak segera diperluas nantinya apabila penghuni terus bertambah akan semakin sesak, bahkan jika sampai mencapai sebanyak 180 orang itu penghuni yang ada di dalam ruangan harus tidur dalam kondisi miring. Makanya dengan kondisi tersebut memang butuh perluasan ruang hunian yang memadai agar ke depan Rumah Tahanan (Rutan) yang ada di daerah ini tidak sampai melebihi kapasitas.

“Jadi untuk renovasi sudah kami usulkan, dari sisi keamanan selain perluasan tembok juga akan ditinggikan dan pos jaganya akan diperbaiki,” jelasnya.

Pihaknya berharap usulan mengenai perbaikan dan perluasan ruang huni di Rumah Tahanan (Rutan) daerah ini bisa diterima, sehingga ke depan mampu menampung penghuni yang lebih banyak agar tidak terjadi kelebihan kapasitas.

Jurnalis: M. Fahrul/Editor: Irvan Sjafari/Foto M.Fahrul
Bagikan:

Irvan Sjafari

Berikan Komentar: