KAMIS, 17 NOVEMBER 2016

SOLO --- Pemerintah Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah menggelar kontes sapi terbaik di lapangan Jumapolo, pada Kamis siang (17/11/2016) yang diikuti ratusan ternak penggemukan dari berbagai daerah di 17 Kecamatan. Kontes tidak hanya menilai berat badan, tetapi juga unsur kesehatan.


Dalam kontes kali ini, sapi jenis metal dengan berat 1,3 ton milik Sunarman, warga Kaliboto, Kecamatan Mojogedang,  berhasil memenangkan kontes.

“Sapi bernama Brotoseno dengan berat 1,3 ton yang menjadi juara satu dalam kontes penggemukan sapi hasil Inseminasi buatan. Sapi itu mengalahkan ratusan sapi lainnya yang menjadi peserta kontes tahun ini,” ucap Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Karanganyar, Sumijarto disela-sela kegiatan.

Dijelaskan Sumijarto, selain berat badan yang sangat besar, Brotoseno kondisi badannya juga terlihat sehat dan terawat. Dalam kontes kali ini, tidak ada peserta yang beratnya mendekati berat dari sapi milik warga Kaliboto tersebut. 

“Dengan hasil ini, pemilik berhasil mendapatkan uang pembinaan sebesar 3 juta rupiah,” lanjutnya.


Untuk Juara kedua, kontes sapi ini diperoleh Suwarso, warga Jumantono. Sapi yang diberi nama Sireng berhasil menjadi juara kedua karena memiliki bobot 1,02 ton. Sedangkan juara ketiga didapatkan oleh sapi milik Slamet, warga Pojok Kecamatan Mojogedang dengan berat sekitar 900 kilogram.

Diakui Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan itu, digelarnya kontes sapi tersebut untuk mendorong minat peternak agar menekuni bisnis penggemukan sapi dari hasil inseminasi buatan. 

“Ini karena hasilnya bisa dipastikan jauh lebih untung. Sebab, selain bobotnya besar juga sehat. Harga jual juga sangat tinggi hingga seratusan juta rupiah,” imbuhnya.


Sementara itu, usai memenangkan kontes, Sunarwan berencana menjual sapi miliknya kepada masyarakat yang berminat. Sapi seberat 1,3 ton itu bakal dijual dengan harga Rp 200 juta. 

“Sebelumnya saya juga telah berhasil menjual sapi dengan berat di bawah 1,3 ton dengan harga Rp 150 juta. Saat ini juga masih memelihara empat ekor sapi dengan berat berkisar 900 kilogram sampai 1,3 ton,” tandasnya. 
Jurnalis : Harun Alrosid / Editor : ME. Bijo Dirajo / Foto : Harun Alrosid
Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: