RABU 9 NOVEMBER 2016

MATARAM---Berdasarkan data Badan Penanggulanganan Bencana Daerah (BPBD), Nusa Tenggara Barat (NTB) ada sejumlah titik di NTB yang kerap menjadi lokasi terjadi bencana dan perlu diwaspadai masyarakat setiap musim hujan seperti sekarang.

Kepala BPBD NTB, Muhammad Rum.
Sejumlah titik rawan bencana tersebut antara lain kawasan hutan pusuk Lestari, Kabupaten Lombok Utara, Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, Desa Sambelia, Kabupaten Lombok Timur, Batukliang Utara dan Kopang, Kabupaten Lombok Tengah dan kawas hutan Tambora Pulau Sumbawa

"Semua lokasi tersebut setiap musim hujan kerap terjadi bencana, baik tanah longsor maupun banjir bandang dan berpotensi bisa terjadi kembali tahun pada musim hujan sekarang" kata Kepala BPBD NTB, Muhammad Rum di Mataram, Kamis (9/11/2016).

Untuk itu, ia menghimbau kepada masyarakat yang hendak berpergian untuk ekstra hati dan sebisa mngkin menghindari jalanan yang rawan bencana longsor, termasuk pohon tumbang.

Rum mengatakan, untuk meminimalisir masyarakat bisa terhindar dari bencana, dirinya telah melakukan koordinasi dengan BPBD Kabupaten Kota supaya bisa tetap siaga bencana,termasuk melakukan sosialisasi dan peringatan dini bagi masyarakat, khususnya yang tinggal di sekitar kawasan hutan.

"Sementara untuk meminimalisir bencana pohon tumbang di sepanjang jalan raya seperti di Kota Mataram, ia berharap SKPD bersangkutan bisa melakukan peremajaan terhadap pohon yang ada."

Koordinasi dan antisipasi harus dilakukan dari sedini mungkin, supaya ketika ada bencana terjadi, bisa cepat tanggap daruratdalam situasi dan kondisi apapun.

Jurnalis: Turmuzi/Editor: Irvan Sjafari/Foto:Turmuzi
Bagikan:

Irvan Sjafari

Berikan Komentar: