KAMIS, 17 NOVEMBER 2016

SUMENEP --- Sejak tiga minggu lalu warga Dusun Daber Desa Soddara Kecamatan Pasongsongan Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur dihebohkan dengan adanya semburan yang diduga gas dari sumur baru hasil pengeboran masyarakat. Proses terpaksa dihentikan karena khawatir terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Lokasi sumur bor yang diduga mengeluarkan gas
Pengeboran sumur oleh warga desa setempat bertujuan untuk mencari mata air yang akan digunakan sehari-hari, tetapi ketika tiba di kedalaman kurang lebih 84 Meter, sumur tersebut tidak mengeluarkan air, melainkan keluar udara yang cukup kencang. Masyarakat terpaksa menghentikan proses sumur bor dan kemudian melaporkan ke pihak pemerintah desa, kecamatan dan kabupaten, sehingga dari Pemerintah Daerah (Pemda) langsung mendatangi tempat itu untuk diketahui lebih lanjut.

“Sebenarnya warga ini hendak mencari air dengan mengebor, tetapi setelah proses bor sudah dalam ternyata keluar angin yang mengandung gas, sehingga proses pengeboran tersebut dihentikan. Ini sudah berjalan tiga minggu, tetapi semburan gas tersebut tidak kunjung berhenti dan itu tetap kencang tidak ada perubahan sama sekali,” kata Nurul Huda, Kepala Dusun Daber, Desa Soddara, Kecamatan Pasongsongan, Kabupaten Sumenep, Kamis (17/11/2016).

Disebutkan, masyarakat sangat yakin yang menyembur dari sumur bor itu merupakan gas, karena ketika dibuktikan dengan diberi api, angin tersebut menyala seperti gas. Masyarakat mulai khawatir dengan adanya semburan itu, tetapi mereka mulai tenang setelah adanya survei dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur, jika kandungan yang keluar dari pipa tidak mengandung racun ataupun berbahaya.

“Awalnya masyarakat disini takut dengan kejadian ini, tetapi sekarang sudah tidak khawatir lagi, karena dalam tiga minggu ini tidak berdampak apa-apa, baik kepada tumbuhan maupun masyarakat sekitar yang ada disini,” jelasnya.

Kejadiaan itu merupakan yang pertama kalinya di desa setempat, pasalnya dengan kedalam seperti itu biasanya sudah mengeluarkan air, tetapi yang ini berbeda, malah mengeluarkan gas dengan semburan yang cukup kencang.
Jurnalis : M. Fahrul / Editor : ME. Bijo Dirajo / Foto : M.Fahrul
Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: