MINGGU, 20 NOVEMBER 2016
CATATAN JURNALIS---Kota Reyog ini memang identik dengan kontur alamnya yang dikelilingi perbukitan. Sehingga wajar, banyak terdapat wisata alam bukit dan air terjun. Salah satunya wisata alam air terjun Grojokan Kokok di Desa Temon, Kecamatan Sawoo, Ponorogo.

Namun sayangnya, akses jalan menuju wisata alam ini relatif buruk. Mulai dari jalan utama pasar Sawoo menuju Desa Temon, penunjuk arah masih minim sehingga membingungkan wisatawan.

Papan nama khas yang menunjukkan arah wisata alam Grojokan Kokok.

Ketika hendak menggunakan google maps (peta yang diakses secara online-red), sinyal internet di kawasan Sawoo tidak bisa diakses. Alhasil cara satu-satunya dengan bertanya kepada warga sekitar.

Selain itu, ketika hendak berwisata ke tempat ini harus saat pagi-siang hari. Kalau sore hari sangat berbahaya, karena jalanan yang kurang penerangan tentunya berbahaya.

Jalanan yang memudahkan kendaraan roda dua tergelincir atau terseok-seok.
Untungnya warga dengan ramah mau membantu dan menunjukkan arah kepada wisatawan. Beberapa titik akses jalan mengalami longsor akibat musim hujan yang terus menerus mengguyur Ponorogo.

Namun warga dengan sigap memberikan tanda bahaya adanya longsor. Banyak juga jalan raya yang sudah rusak dan berlubang. Semakin dekat dengan wisata alam, wisatawan harus lebih berhati-hati, pasalnya jalan berlumpur dan berdampingan dengan jurang tentunya berbahaya.

Perlu kesabaran tinggi menempuh jalan menuju ke arah wisata alam Grojokan Kokok.
Bahkan ada satu sepeda motor terpeleset saat melintasi titik ini. Jika tidak menguasai kendaraan yang digunakan tentu berbahaya bagi keselamatan.


Lanskap susahnya akses jalan menuju tempat wisata alam Grojokan Kokok.
Dan terakhir catatan penting, akses jalan menuju wisata alam ini tidak bisa diakses menggunakan roda empat terutama saat musim hujan, karena menurut warga sekitar berbahaya jika sampai terjebak ke dalam lumpur.

Jurnalis: Charolin Pebrianti / Editor: Satmoko / Foto: Charolin Pebrianti 

Bagikan:

Satmoko Budi Santoso

Berikan Komentar: