RABU, 30 NOVEMBER 2016
BALIKPAPAN---DPRD Kota bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan malam ini mengesahkan APBD 2017, setelah pembahasan Rancangan APBD 2017 dilakukan berkelanjutan. Hal itu dilakukan agar pengesahan APBD 2017 tidak ingin terlambat dari waktu yang telah ditentukan Pemerintah Pusat. Rencananya malam ini, rapat paripurna dengan agenda penyampaian pandangan akhir fraksi-fraksi DPRD atas Raperda APBD 2017 itu disahkan oleh tujuh fraksi dengan belanja daerah sebesar Rp1,8 triliun.

Saat Rapat Paripurna, pandangan penjelasan RAPBD 2017.
Menurut Ketua DPRD, Abdulloh, dalam Undang-undang nomor 23 tahun 2014 disebutkan, APBD 2017 paling lambat tanggal 30 November atau satu bulan sebelum anggaran baru sudah bisa disepakati.

"Kemarin-kemarin  kita lembur termasuk malam ini sampai rasionalisasi lagi selesai ya malam kita sahkan," jelasnya, Rabu, (30/11/2016).

Setelah ditandatangani kesempatan bersama, hasilnya akan diserahkan kepada Gubernur Kaltim untuk dievaluasi.

“Baru nota kesepakatan dulu. Paling lambat 31 Desember kita tetapkan tapi yang wajib kita sepakati dulu ini,” terang Abdulloh.

Pada kesempatan sama, Wakil Wali Kota Rahmad Masud dalam penjelasan RAPBD 2017 mengatakan postur APBD dibuat berdasarkan instruksi presiden yang meminta daerah melakukan penghematan APBD.

Disebutkan Rahmad, pembayaran kegiatan multi years dan penundaan pembayaran program maupun kegiatan pada anggaran 2016, pembayarannya pada tahun anggaran di APBD 2017 sebesar Rp159 miliar.

Untuk diketahui, jumlah itu terbesar ada di Dinas Pekerjaan Umum wilayah kota, ini paling besar. Sisanya berada pada SKPD, seperti BPDB, Disdik, DKK, Tata Kota dan Perumahan, Dispenda, Dinas Pertanian,  Dishub, Dinas Perindustrian dan RUSD Gunung Malang.

"Dinas PU dengan total Rp139,21 miliar lebih," tandasnya.

Sementara, untuk PAD  2017, pihaknya optimis mampu mencapai angka Rp 613 miliar dengan perkembangan pertumbuhan ekonomi nasional 5,2 persen.

Dalam rapat paripurna penjelasan RAPBD 2017, dipimpin langsung Ketua DPRD Abdulloh, Wakil Ketua DPRD Syarifuddin Odang, bersama anggota DPRD, dan seluruh Kepala SKPD di Balikpapan.

Jurnalis: Ferry Cahyanti / Editor: Satmoko / Foto: Ferry Cahyanti

Bagikan:

Satmoko Budi Santoso

Berikan Komentar: