MINGGU, 13 NOVEMBER 2016

LAMPUNG --- Akhir pekan dan hari libur menjadi kesempatan bagi warga untuk menikmati suasana pagi hingga siang dengan kegiatan santai, berkumpul dan bercengkerama bersama keluarga dan sahabat serta melakukan jalan santai untuk kegiatan olahraga. Lokasi yang menjadi tempat favorit bagi masyarakat kota Metro, Provinsi Lampung adalah sebuah taman yang berdekatan dengan Masjid Taqwa dikenal dengan Taman Merdeka. 


Taman Merdeka Kota Metro merupakan salah satu tempat wisata yang ada di kota Metro dan berdekatan dengan perkantoran pemerintah Kotamadya Metro diantaranya Kantor Walikota, DPRD serta kantor pemerintahan lainnya. 

Lokasi taman ini berada di jantung kota Metro dan berlokasi sangat strategis di tengah tengah kota sehingga selalu ramai pada hari hari biasa terutama saat sore hari dan saat hari hari libur akan ramai sejak pagi hingga siang hari. Letaknya yang berada di pusat kota juga membuat taman ini selalu ramai dijadikan tempat nongkrong anak muda,keluarga, tempat hiburan dan rekreasi yang murah bagi warga Kota Metro.

Sebagai sebuah alun alun yang relatif luas, salah satu warga Kota Metro, Ilham (23) mengaku menjadikan lokasi Taman Merdeka sebagai tempat berkumpul bersama teman teman kuliah di salah satu perguruan tinggi swasta di kota Metro. Layaknya alun alun, Ilham mengaku menyukai lokasi tersebut sebagai tempat untuk berkumpul bahkan terkadang diskusi kegiatan kuliah karena tak harus mengeluarkan biaya dan juga relatif dekat dengan kampusnya. Sementara pada hari libur dan akhir pekan Taman Merdeka Kota Metro menjadi titik istirahat baginya dan sahabat sahabatnya setelah melakukan aktifitas bersepeda keliling kota.


"Setiap minggu pagi kita sejak pagi sudah berkeliling dengan sepeda selanjutnya istirahat di taman merdeka dan melihat aktifitas kawan kawan dari komunitas lain diantaranya komunitas skate board, atau komunitas sepeda yang lain, jadi bisa saling kenal dan menjalin silaturahmi sambil berolahraga,"ungkap Ilham mahasiswa di Universitas Muhamadiyah Metro saat berbincang dengan Cendana News, Minggu pagi (13/11/2016).

Berfungsi sebagai taman, alun alun dengan berbagai fasilitas pendukung diantaranya lapangan rumput, jogging track, tempat duduk, view tugu Meterm yang menjadi lokasi favorit untuk berfoto, pohon pohon rindang serta penjual kuliner yang berkeliling membuat lokasi tersebut disukai berbagai kalangan. Sebagian warga kota Metro bahkan membawa tikar untuk menikmati hari libur setelah olahraga bersama untuk menikmati sajian makanan yang dibawa dari rumah untuk disantap bersama keluarga menikmati rekreasi gratis yang ada di tengah tengah kota tersebut.


Secara historis Kota Metro merupakan daerah otonomi baru hasil pemekaran dan pemisahan dari wilayah induk Kabupaten Lampung Tengah pada tahun 1999. Sebelum pemekaran Metro sebelumnya merupakan ibukota Kabupaten Lampung Tengah sebelum Kabupaten Lampung Tengah memiliki ibukota Gunung Sugih. Sebagai wilayah peninggalan zaman Belanda wilayah di Metro memiliki tata kota yang cukup baik berupa tempat ibadah, tempat pendidikan serta infrastruktur penunjang lainnya. Lokasi yang hanya berjarak 40 kilometer dari ibukota Lampung, Bandarlampung dengan kondisi jalan yang cukup lancar membuat perjalanan bisa ditempuh dengan jarak tempuh hanya sekitar 1-1,5 jam baik kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Menurut Ilham dan warga kota Metro lainnya, ketiadaan tempat wisata bahari di kota Metro yang wilayahnya tidak memiliki pantai, bukit, gunung membuat sejumlah tempat wisata buatan menjadi pilihan diantaranya kolam renang dan juga taman taman kota yang dibuat. Selain itu kegiatan Car Free Day (CFD) setiap hari Minggu menjadi momen yang paling ditunggu warga karena sejumlah ruas jalan akan dibebaskan dari lalu lalang kendaraan bermotor sehingga warga bisa menikmati olahraga di sejumlah ruas jalan tanpa terganggu kendaraan. Sebagian warga bahkan menjadikan jalan yang lebar sebagai tempat bermain futsal, sepakbola maupun kegiatan olahraga lainnya.


Beberapa komunitas pecinta sepatu roda jenis inline skate power line yang banyak digemari anak anak muda hingga orang dewasa bahkan menggunakan halaman masjid taqwa yang memiliki ruang terbuka yang lebar menjadi lokasi favorit untuk menguji keahlian. Sementara itu dalam kesempatan khusus lokasi Taman Merdeka Kota Metro menjadi lokasi khusus untuk penyelenggaraan festival,hiburan,bedah buku, pameran fotografi,serta kegiatan kegiatan komunitas lain.

Titik sentral Taman Merdeka Kota Metro yang bersebelahan dengan Masjid Taqwa dikenal dengan Tugu Meterm. Tugu yang menjadi pusat kota Metro berbentuk piala dengan bola di tengah tengahnya tersebut kerap digunakan warga untuk berkumpul setelah melakukan kegiatan olaharga. Lokasi bangunan yang menyerupai tugu menjadi latar belakang (background) favorit bagi anak anak muda dan masyarakat yang menyukai fotografi.

Selain fasilitas tersebut bagi anak anak juga disediakan fasilitas kendaraan hiburan hias dengan berbagai keunikan diantaranya berbentuk gajah, burung, kuda dan satwa lainnya yang dikenal dengan odong odong. Odong odong yang banyak disukai anak anak tersebut diperuntukkan bagi anak anak dan dikendalikan dengan tenaga manusia dengan car digowes berkeliling taman kota dan sejumlah ruas jalan lambat. Tarif yang murah sekali keliling sebesar Rp5ribu membuat odong odong menjadi fasilitas yang disukai anak anak sekaligus orangtua yang ingin membahagiakan anaknya saat hari libur.

Fasilitas parkir yang luas juga menjadikan Taman Merdeka Metro lokasi yang nyaman bagi pengunjung yang membawa kendaraan. Warga yang tak sempat membawa bekal makanan dari rumah pun tak perlu kuatir karena sejumlah booth, tempat kuliner yang diberikan lokasi khusus oleh pemerintah menyediakan beragam sajian kuliner ringan diantaranya menyajikan nasi goreng, jagung bakar, mie ayam,es krim dan berbagai camilan ringan lain. Jika hendak menikmati sajian makanan yang lebih beragam sejumlah restoran dan tempat kuliner menarik juga banyak berada di seputaran kawasan tersebut cukupd ekat dan bisa ditempuh hanya dengan berjalan kaki.


Fasilitas toilet yang disediakan di Taman Merdeka Kota Metro juga disediakan dan jika penuh warga bisa menggunakan toilet bersih di area masjid Taqwa sekaligus menjalankan ibadah. Lokasi yang cukup luas dengan fasilitas pendukung yang memadai ditambah keterbatasan tempat wisata alam membuat Taman Merdeka Kota Metro dan halaman Masjid Taqwa menjadi lokasi favorit warga menikmati liburan akhir pekan, hari biasa dan saat acara acara khusus. Lokasi menjalin kebersamaan, silaturahmi dan memadu kasih para insan remaja membuat lokasi ini juga sering diunggah ke jejaring sosial para remaja untuk menunjukkan rasa kekinian sambil menikmati kebersamaan bersama sahabat melihat tugu Meterm yang berada di tengah Taman Merdeka tersebut.
Jurnalis : Henk Widi / Editor : ME. Bijo Dirajo / Foto : Henk Widi
Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: