KAMIS 17 NOVEMBER 2016

JAKARTA---Sejak kemarin (Rabu, 16/11/2016) hingga hari ini (Kamis, 17/11/2016), Markas Besar Komando Armada RI Kawasan Barat atau KOARMABAR di JalanGunung Sahari Raya No.67 Jakarta Pusat (tepat bersebelahan dengan Kantor Pusat Cendana News Jakarta) kelihatan ramai dikunjungi oleh anak-anak sekolah SMA/SMK.

Lomba Band Tingkat SMA/SMK Se-Jakarta diadakan KOARMABAR Sambut Hari Armada RI 5 Desember 2016.


Ternyata, dalam rangka menyambut Hari Armada Republik Indonesia (RI) tahun 2016 yang jatuh tepat PADA 5 Desember mendatang, maka sejak 16-17 November 2016 KOARMABAR menggelar lomba band tingkat SMA/SMK se-Jakarta di Lapangan Arafuru, Markas Komando (Mako) KOARMABAR.

Perlombaan tersebut diikuti 51 peserta SMK dan SMA se-Jakarta dan dibuka serta disaksikan langsung oleh Panglima Armada Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, S.Sos. Lagu wajib yang dibawakan para peserta untuk dinilai oleh Dewan Juri ada tiga, yakni "Mari Beramai-ramai Ke Laut", "I Am Sailing" dan "Save Our Littorale Life" serta lagu pilihan yang menggugah semangat kemaritiman sesuai pilihan masing-masing peserta.

"Selain sebagai rangkaian acara menyambut Hari Armada RI 5 Desember 2016, lomba band remaja tingkat SMA/SMK se-Jakarta ini merupakan yang pertama kali diadakan Koarmabar serta kedepannya menjadi kegiatan rutin kami agar semakin dekat dengan para generasi muda demi menanamkan sekaligus meningkatkan jiwa kemaritiman kepada mereka,"demikian pernyataan Pangarmabar Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, S.Sos di Mako Koarmabar.

Kiri : Pangarmabar Laksamana Muda TNI Aan Kurnia tersenyum menyaksikandua anak buahnya. Tengah : Atraksi PrajuritTNI AL Siagian dan PNS Koarmabar Agus yang menarik gelak tawa pengunjung dan Pangarmabar.  Kanan:Rekan-rekan Siagian dan Agus terhibur dengan aksi keduanya

Perhelatan ini menjadi sangat istimewa karena selain bertujuan menanamkan jiwa kemaritiman bagi generasi muda, juga semakin mempererat kedekatan TNI khususnya TNI AL Koarmabar dengan rakyat. Hal itu dapat dilihat dari deretan kuliner tradisional dari masyarakat setempat serta Koperasi Koarmabar yang ikut ambil bagian memeriahkan acara.

Kerak telur Betawi, aneka gorengan renyah, beragam minuman segar, serta camilan-camilan pasar semuanya hadir dan bisa dinikmati bersama-sama. Khusus bagi para pedagang keliling seperti pedagang bakso, maka panitia mempersilahkan beberapa pedagang masuk ke dalam Mako Koarmabar untuk melayani para peserta lomba band. Semua biaya ditanggung oleh panitia.

Sebuah kejadian unik ketika penampilan peserta nomor undian 52 dari SMAN 112 Jakarta Barat, seorang PNS Koarmabar bernama Agus tampil ke depan panggung sambil menari-nari ditemani seorang prajurit TNI AL Koarmabar Siagian. Sontak hal ini menambah riuh tawa suasana dan menjadi hiburan tersendiri bagi para prajurit TNI AL Koarmabar yang tumpah ruah di area acara sejak pukul 07.00 WIB, Kamis, 17/11/2016.

Bahkan Pangarmabar Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, S.Sos tidak sanggup menahan gelak tawa menyaksikan tingkah dua anak buahnya tersebut. Di akhir atraksi keduanya diberikan applaus oleh Panglima sebagai bentuk apresiasi akan semangat mereka yang membawa warna berbeda di acara
tersebut.

Kiri atas : Panitia acara dari Koarmabar mempersilahkan pedagang bakso keliling masuk ke area Mako Koarmabar. Kanan atas : Provost mempersilahkan para peserta lomba sekaligus pengunjung untuk menikmati bakso yang disediakan panitia. Kiri bawah/Kanan bawah : Deretan kuliner tradisional nusantara yang hadir memeriahkan acara lomba

Terkait acara ini, Pangarmabar Laksamana Muda Aan Kurnia berpesan kepada para peserta lomba, bahwa tidak penting siapa yang memenangkan lomba diakhir nanti, akan tetapi yang terpenting adalah bagaimana mereka menuangkan semua kreatifitas mereka dalam bermusik.

"Dengan mengunjungi Koarmabar, mengikuti lomba band sekaligus memahami tujuan acara ini, maka generasi muda akan terlecut jiwa nasionalisme untuk lebih mencintai wilayah maritim nusantara," tegas Pangarmabar.

Jurnalis: Miechell Koagouw/Editor: Irvan Sjafari/Foto: Miechell Koagouw
Bagikan:

Irvan Sjafari

Berikan Komentar: