JUMAT, 18 NOVEMBER 2016

BANDUNG --- Mantan pelatih Tim Nasional (Timnas), Nil Maizar memprediksi tim Merah Putih berpeluang untuk mendulang hasil positif di Piala AFF 2016. Hal ini terlihat dari beberapa laga ujicoba yang dijalani pasukan Alfred Riedl selama masa persiapan.

Mantan Pelatih Timnas, Nil Maizar
Boaz Solossa DKK berhasil mengalahkan Malaysia dengan skor 3-0. Juga menahan imbang Vietnam 2-2 walaupun pada pertemuan kedua tumbang 2-3. Timnas juga mampu menahan imbang Myanmar dengan skor 0-0.

Padahal para penggawa Indonesia memiliki waktu persiapan yang cukup singkat untuk melakoni serangkaian laga ujicoba tersebut.

"Prospeknya ada dengan materi pemain yang Riedl dapatkan, dengan jadwal pertandingan dan persiapan tim yang tidak terlalu lama saja mereka bisa berbuat banyak," ujar Nil di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Jumat (18/11/2016).

Memang di Piala AFF 2016 ini Timnas Indonesia harus bersusah payah jika ingin lolos dari babak penyisihan. Mengingat pasukan Riedl menempati grup 'neraka' yang juga dihuni juara bertahan Thailand, Singapura dan tuan rumah Filipina.

"Tinggal bagaimana Riedl yang bisa meyakinkan pemain agar tidak mengeluh. Walaupun Thailand ini lagi bagus, kemarin lawan Australia imbang 2-2. Harus optimis jangan mengeluh, itu saja," kata pelatih Semen Padang ini.

Laga perdana, Timnas Indonesia akan meladeni Thailand pada Sabtu (19/10/2016) nanti. Kemenangan mutlak harus diraih agar lebih percaya diri untuk partai-partai selanjutnya.

Menurut Nil, peluang kedua tim untuk mengamankan laga perdana ini sama. Sebab selama masa persiapan Indonesia maupun Thailand sudah memiliki pengalaman tampil sebagai tim tamu, pada pertandingan ujicoba.

"Ada pengalaman saya rasa untuk main di Filipina. Artinya Indonesia main tandang, Thailand juga sama," pungkasnya.
Jurnalis : Rianto Nudiansyah / Editor : ME. Bijo Dirajo / Foto : Rianto Nudiansyah
Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: