JUMAT 11 NOVEMBER 2016

YOGYAKARTA----Dalam rangkaian kunjungan kerja ke Yogyakarta 7-9 November 2016, Wakil ketua Komisi IV DPR RI, Siti Hediati Soeharto mengunjungi Kawasan inspiratif Desa Wisata Blue Lagoon yang terletak di Desa Dalem Widodomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta.

Titiek Soeharto sedang membatik menggunakan canting dalam bimbingan seorang pengrajin.


Desa Wisata Blue Lagoon dikelola secara mandiri oleh masyarakat desa Dalem yang dikoordinir oleh Suhadi. Kawasan ini juga memiliki komunitas pengrajin batik tulis yang digalang oleh ibu-ibu PKK setempat dibimbing oleh seorang abdi dalem Pakualaman yang akrab disapa penduduk dengan sebutan Mbak Mamik. Batik tulis masyarakat Desa Dalem ini diberi nama Batik Blue Lagoon dengan motif keluwihan menggunakan dasar warna biru indigo.

Penyebab dinamakannya kawasan wisata ini Blue Lagoon adalah karena kawasan wisata ini terkenal akan kolam pemandian alami dengan sumber air yang berasal dari mata air abadi di dasar kolam pemandian yang berwarna kebiruan ditambah aliran air dari gunung atau perbukitan yang mengelilingi desa.

Kawasan wisata yang dikelilingi hutan bambu nan asri ini juga memiliki keunikan yaitu kehadiran Pasukan Bregodo Paku Drajat yang merupakan pasukan pelindung wilayah ini saat jaman penjajahan kolonial di Jawa. Namun kehadiran mereka saat ini bukan untuk berperang, melainkan untuk seremonial penyambutan tamu mewakili kearifan lokal masyarakat Desa Dalem itu sendiri.

Kunjungan Titiek ke Blue Lagoon terasa sangat spesial karena masyarakat disana memang merindukan bimbingan dan program-program pembangunan ekonomi berbasis kerakyatan tepat guna demi membangun desa berikut kawasan wisata Blue Lagoon itu sendiri. Komitmen Titiek dihadapan masyarakat Desa Dalem dan bagi kawasan wisata Blue Lagoon akan segera berjalan dengan rencana penempatan Posdaya (Pos Pemberdayaan keluarga) Damandiri, pengembangan pengrajin batik lokal, pendistribusian bantuan perikanan, serta penambahan bantuan pertanian kedepannya.

Sebelum berpamitan, Titiek juga sempat memberikan cinderamata kepada beberapa perangkat desa, perwira TNI/Polri, dan anggota masyarakat berupa Buku Incognito PAK HARTO : Perjalanan Diam-diam Seorang Presiden Menemui Rakyatnya.

Berikut dokumentasi yang dihimpun Cendana News saat kunjungan tersebut :

 Titiek Soeharto berbincang  dengan Mbak Mamik dan para pengrajin sebelum meninjau kawasan wisata Blue Lagoon.

Titiek Soeharto bersama Ibu-ibu PKK pengrajin batik lain yang menyambut kedatangannya.

Kiri : Menikmati sejenak kolam pemandian dari dekat
Kanan : Berbincang dengan Suhadi (kiri seragam TNI) tentang aktivitas pengunjung di kolam pemandian

Kiri : Bersama Pasukan Bregodo, Ibu-ibu PKK, dan kelompok wanita tani setempat
Kanan : Pasukan Bregodo yang menjadi legenda masyarakat desa Dalem


Titiek Soeharto diapit pernagkat desa dan perwira TNI/Polri selepas ia menyerahkan cinderamata berupa Buku Incognito PAK HARTO : Perjalanan Diam-diam Seorang Presiden Menemui Rakyatnya.


Titiek Soeharto bersama Suhadi dan istri.



Jurnalis: Miechell Koagouw/Editor: Irvan Sjafari/Foto: Michell Koagouw
Bagikan:

Irvan Sjafari

Berikan Komentar: