SELASA, 8 NOVEMBER 2016

SOLO  ---  500 anak ikut dalam lomba permainan khas Indonesia tersebut yang digelar Pemerintah Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Kegiatan tersebut digelar untuk membangkitkan semangat generasi bangsa dalam mencintai permainan tradisional.


Bupati Karanganyar, Juliatmono dalam kata sambutan saat membuka kegiatan tersebut mengaku bangga dengan minat generasi bangsa. Peserta yang terlibat langsung jumlahnya cukup banyak dan terlihat masih mencintai permainan tradisional yang saat ini terus dihimpit oleh beragam permaian modern. 

“Ini adalah wujud dari permainan saat kita kecil dulu. Jika permainan tradisional sebenarnya mempunyai karakter bangsa Indonesia. Seperti berkumpul, bekerjasama dengan sesama dan saling menjaga satu sama lain,” ujar Juliatmono menjelaskan makna yang terkandung dalam permainan tradisional tersebut kepada Cendana News, Selasa (8/11/2016).


Disebutkan, lomba yang digelar di alun-alun Karanganyar itu diikuti perwakilan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ada wilayah tersebut. Setidaknya ada empat permainan tradisional yang dilombakan pada kesempatan ini. Diantaranya lomba balap karung, lomba enggrang, tarik tambang dan lomba bakiak. 

“Lomba ini bersifat gembira, tapi nilai edukasinya tinggi. Kita akan lebih tonjolkan ke anak-anak SD,” terangnya. 

Lomba permainan tradisional ini baru kali pertama di gelar di Karanganyar. Ke depan, lomba serupa akan diselenggarakan dan dijadikan event tahunan. 

“Anak-anak saat ini saya kira perlu berkumpul dan bergembira bersama melalui permainan tradisional ini,” imbuhnya. 

Sementara itu, terlihat tidak sedikit peserta yang harus jatuh bangun saat mengikuti perlombaan permainan tradisional tersebut. Meski begitu, mereka mengaku sangat senang meski tidak harus menang dalam perlombaan yang digelar. 

“Ternyata kerja bareng tim dalam permainan bakiak sangat penting. Kalau tidak pasti sering jatuh,” tandas Novita, salah satu peserta. 
Jurnalis : Harun Alrosid / Editor : ME. Bijo Dirajo / Foto : Harun Alrosid
Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: