SABTU, 19 NOVEMBER 2016

JAKARTA---Gelar acara UHAMKA Rajo Fest III U UHAMKA Ratoh Jaroe Festival III) diadakan Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Prof. DR. Hamka (UHAMKA) atas kerja sama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa UHAMKA (BEM UHAMKA) pada 19 November 2016 di Auditorium Kampus E UHAMKA (Kampus Ekonomi dan Bisnis UHAMKA) Pasar Rebo Jakarta timur.

 Kompetisi UHAMKA Rajo Fest III 19 November 2016 dimulai

UHAMKA Rajo Fest III diikuti oleh 23 tim yang terdiri dari 8 tim Universitas dan 15 tim Sekolah Menangah Atas (SMA). Salah satu yang mengikuti event ini adalah tim Saman dan Ratoh Jaroe dari Universitas Mercu Buana yang mengirim dua tim yaitu A dan B.

Dasar pemikiran diadakannya Rajo Fest sejak kali pertama hingga kali ketiga ini adalah untuk melindungi sekaligus menguatkan budaya nusantara khususnya budaya Aceh adalah milik Indonesia. Selain itu, ada tujuan pelestarian budaya nusantara juga.

" Itu tujuan kami, dan bagi Fakultas Agama Islam (FAI) UHAMKA, event Rajo Fest ini juga sebagai ajang promosi fakultas untuk calon mahasiswa baru," ungkap Nourma Fitri Hastani, Ketua Komunitas Saman dan Ratoh Jaroe FAI UHAMKA.

FAI UHAMKA sendiri merupakan pencetus pertama kali dibentuknya Komunitas Saman dan Ratoh Jaroe. Akan tetapi Komunitas ini belum menjadi UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa). Kedepannya seluruh anggota Komunitas Saman dan Ratoh Jaroe FIA UHAMKA akan berusaha semaksimal mungkin mengukir prestasi demi terbentuknya UKM Saman dan Ratoh Jaroe.

  Nourma Fitri Hastani (kiri) Ketua Komunitas Saman dan Ratoh

" Komunitas Saman dan Ratoh Jaroe FAI UHAMKA saat ini sudah mencapai 35 orang anggota dengan dua tim tari Saman dan Ratoh Jaroe yang siap untuk semua event baik pementasan maupun kompetisi. Dengan latihan rutin satu sampai tiga kali dalam seminggu maka kami yakin akan berbuat banyak di setiap event yang kami ikuti kedepannya," pungkas Nourma.

Pelaksanaan UHAMKA Rajo Fest III ini bukan tanpa kendala. Nike Septiarini, Ketua Panitia UHAMKA Rajo Fest III menjelaskan bahwa sempat terkendala dengan penentuan tempat diadakannya acara. Benturan jadwal acara rektorat terpaksa membuat Rajo Fest III yang sedianya diadakan di Auditorium UHAMKA Limau akhirnya dipindah ke Auditorium Kampus E UHAMKA Pasar Rebo.

" Baik rektorat, FAI, maupun BEM UHAMKA sangat mendukung acara ini sehingga kami dengan mudah mendapatkan tempat pengganti secepatnya," beber Nike kepada Cendana News.

Komunitas Saman dan Ratoh Jaroe FAI UHAMKA sudah banyak melakukan pementasan baik itu kompetisi maupun pentas seni. Salah satu yang berkesan bagi mereka adalah kala diundang untuk pementasan acara UHAMKA di Bali.


" Pementasan di Bali sangat berkesan buat kami. Dan melecut semangat kami untuk terus membenahi diri agar bisa selalu mempersembahkan kemampuan terbaik kami kedepannya," pungkas Nike.

Harapan Nourma dan Nike kedepannya adalah UHAMKA Rajo Fest IV bisa terlaksana tahun depan. Dan sangat jelas komitmen mereka untuk terus melestarikan budaya nusantara melalui event UHAMKA Rajo Fest khususnya budaya Aceh yakni Tari Saman dan Ratoh Jaroe.


                                    Tari Nirmala sebagai pembuka acara UHAMKA Rajo Fest III 2016

Pihak rektorat yang membuka acara ini memberikan apresiasi positif atas terselenggaranya UHAMKA Rajo Fest III. Dan harapan rektorat UHAMKA kedepannya para mahasiswa UHAMKA khususnya FAI beserta Komunitas Saman dan Ratoh Jaroe bisa menanamkan pemahaman budaya nusantara kepada setiap mahasiswa UHAMKA maupun calon mahasiswa baru.

Acara UHAMKA Rajo Fest III dibuka oleh Tari Nirmala, Marawis FAI UHAMKA, dan juga diikuti oleh pameran industri kreatif mahasiswa mulai makanan ringan sampai produk kosmetik.

Jurnalis: Miechell Koagouw/ Editor: Sukur Patakondo/ Foto: Miechell Koagouw
Bagikan:

Sukur Patakondo

Berikan Komentar: