SELASA, 15 NOVEMBER 2016

SURABAYA---Sekitar pukul 10:00 WIB, ratusan anggota personil Marinir memadati Pantai Tambak Wedi. Setelah air laut pasang, mereka berbaris rapi di laut bersama 92 siswa-siswi dari saka bahari dan juga 100 buah kapal nelayan beserta awak kapalnya untuk melakukan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Marinir yang ke-71. 


Upacara yang dilakukan di dalam air ini menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat sekitar. Mereka berbondong-bondong menyaksikan khidmatnya upacara dari bibir pantai. Upacara dipimpin oleh Letkol (Mar) Herviyanto, dan yang menjadi inspektur upacara ialah Komandan Pasmar 1 Brigjen (Mar) Lukman. 


Dalam sambutannya, Lukman selaku inspektur upacara menyampaikan isi pidato dari Kasal Laksamana Ade Supandi mengatakan, kegiatan yang melibatkan masyarakat ini merupakan wujud dari eratnya hubungan antara marinir dengan masyarakat. 


"Keberhasilan prestasi-prestasi yang telah dicapai marinir tak lepas dari dukungan masyarakat. Kepercayaan yang telah diberikan oleh masyarakat kepada marinir harus terus dijaga dan dipupuk agar makin tercipta hubungan yang harmonis," ujarnya. 


Ia menambahkan, pesan kepada seluruh anggota marinir tidak lain yakni menjaga nama baik marinir. Kemudian, menjaga solidaritas antara TNI, POLRI dan rakyat agar tercipta hubungan yang baik. Serta, Ia mengingatkan kepada anggota marinir agar tidak melibatkan diri dalam politik praktis. 


Kegiatan peringatan HUT Korps Marinir ke-71 ini mengusung tema 'Berjuang bersama rakyat mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia'. Perhelatan upacara di laut ini diadakan serentak di berbagai wilayah di Indonesia. Seperti contoh di Pantai Ciremai daerah Lampung dan di Tanjung Pasir di Jakarta. 


Selain upacara, digelar pula penampilan atraksi terjun payung, bakti sosial kepada masyarakat sekitar Tambak Wedi dan panggung hiburan. 



Jurnalis ; Nanang Wp / Editor : Rayvan Lesilolo / Foto : Nanang Wp
Bagikan:

Rayvan Lesilolo

Berikan Komentar: