SELASA 1 NOVEMBER 2016 

MANADO --- Angkatan udara Amerika Serikat (US Air Forces) dan Indonesia melakukan latihan bersama "Cope West" di Manado Sulawesi Utara (Sulut). Latihan bersama ini akan diadakan selama 12 hari mulai tanggal 1  hingga 11 November 2016 di pangkalan udara Sam Ratulangi. 

Suasana latihan bersama AU Amerika Serikat dan AU Indonesia


Cops West merupakan latihan bilateral antara angkatan udara Amerika Serikat dan Indonesia. Tahun ini merupakan kegiatan pesawat tempur (fighter exercise) yang ke 19 sejak 2015 silam.

Menurut Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) TNI AU Marsma Nanang Santoso, latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penerbang dan kemampuan efisiensi dalam operasi udara taktis.

"Latihan ini juga untuk memperlancar para penerbang dalam prosedur operasi gabungan dan juga untuk memperkuat persahabatan saling pengertian dan saling menghormati di antara kedua angkatan bersenjata", tegasnya.





Sementara itu sebelum memulai latihan bersama diadakan upacara pembukaan yang turut dihadiri oleh angkatan udara Amerika Serikat dan Indonesia.  Hadir dalam upacara Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Brian McFeeters, Konsulat Jenderal (Konjen) AS di Surabaya bersama Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Wali Kota Manado Vecky Lumentut, bersama dengan pejabat TNI Polri.

Jurnalis: Ishak Kusrant/Editor: Irvan Sjafari/Foto: Ishak Kusrant
Bagikan:

Irvan Sjafari

Berikan Komentar: