SELASA, 15 NOVEMBER 2016

MALANG---Dengan mengangkat tema 'Hikmah Hari Pahlawan ke-71 tahun 2016, Kita Tingkatkan Kesadaran dan Partisipasi Masyarakat Guna Mewujudkan Persatuan dan Kesatuan NKRI yang Kokoh', Polres Malang Kota mengadakan Apel Besar Kebhinekaan dan Cinta Damai di halaman Balaikota Malang, Selasa (15/11/2016). Apel besar yang dipimpin langsung Walikota Malang Mochammad Anton ini, diikuti oleh berbagai lapisan masyarakat. Mulai dari tokoh agama, tokoh masyarakat, hingga perwakilan organisasi masyarakat (ormas).

Walikota Malang dan jajarannya.
Dalam amanatnya, Walikota Malang mengajak seluruh elemen masyarakat maupun tokoh ormas khususnya yang ada di kota Malang agar tidak terpengaruh oleh hasutan-hasutan yang justru bisa memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.
"Kami berharap sekali, masyarakat bisa saling menghormati dan menghargai perbedaan. Baik itu suku, agama, maupun budaya yang semuanya itu juga sudah ada dalam naungan Pancasila. Mau tidak mau, Bhinneka Tunggal Ika harus kita jaga bersama," ujarnya.
Menurut Walikota Malang pula, kita harus bisa membawa peran sebagai penerus pahlawan-pahlawan yang dulu rela berkorban untuk mencapai kemerdekaan. "Jangan sampai hanya karena kepentingan-kepentingan tertentu justru bisa menggoyahkan keutuhan bangsa Indonesia," tandasnya.

Suasana apel besar di kota Malang.
Sementara itu, disebutkan pula, diselenggarakannya apel besar yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia ini, bertujuan mengenalkan kembali nilai kepahlawanan para pejuang Indonesia kepada masyarakat. Selain itu juga agar masyarakat bisa menghargai kebhinekaan di Indonesia dan turut menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia agar tetap damai. Dalam apel besar tersebut juga dilakukan pembacaan ikrar Kebhinnekaan Cinta Damai oleh perwakilan ormas.

                                  Jurnalis: Agus Nurchaliq/ Editor: Satmoko / Foto: Agus Nurchaliq
Bagikan:

Satmoko Budi Santoso

Berikan Komentar: