KAMIS 1 DESEMBER 2016

BALIKPAPAN --- Untuk mendukung Smart City, dalam pembelajaran di dunia pendidikan khususnya di Kota Balikpapan secara bertahap menerapkan sistem online atau e-learning. Hal itu dibuktikan mulai pendaftaran masuk sekolah sistem online, e-Kantin kemudian e-Rapor.


Kepala Dinas Pendidikan Kota Balikpapan Muhaimin.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Balikpapan Muhaimin menjelaskan pelaksanaan e-rapor masih dalam tahap uji coba, sehingga sekolah yang menerapkan juga bertahap.

"Sama halnya dengan pendaftaran online dan e-kantin juga dulunya mulai bertahap, dengan melihat kesiapan dari sekolah. Kota kita juga telah memulai e-learning," ungkapnya Kamis, (1/12/2016).

Disebutkan Muhaimin, beberapa sekolah yang mulai menerapkan e-learning yakni SMAN 1, SMKN1, SMPN 1 dan MTs1 Balikpapan. Sekolah tersebut juga telah mendapatkan predikat integritas dari Kementerian. e-Rapor juga nantinya ada beberapa sekolah yang menjadi pilot project.

Menurut Muhaimin, dengan diterapkannya e-learning maka secara otomatis mengurangi biaya pengeluaran alat tulis kantor dan mempermudah kontrol baik guru maupun orang tua dalam pembelajaran.

"E-rapor salah satu pembelajaran e-learning. Pastinya akan berdampak positif karena bisa diakses dengan mudah khususnya untuk memantau siswa," tambahnya.

Kendati demikian, penerapan e-learning ini dilakukan secara bertahap hingga sarana dan prasarana sekolah siap.

Jurnalis: Ferry Cahyanti/Editor: Irvan Sjafari/Foto: Ferry Cahyanti
Bagikan:

Irvan Sjafari

Berikan Komentar: