JUMAT 2 DESEMBER 2016

MATARAM---Kegiatan membersihkan sampah di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) akan menjadi rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) ke-58 pada 17 Desember mendatang.

Gunung Rinjani Lombok nampak dari kejauhan.
Kegiatan membersihkan Rinajni tersebut, selain melibatkan aktivis, pelaku pariwisata, juga akan melibatkan wisatawan yang melakukan pendakian, termasuk masyarakat pecinta lingkungan.

"Semua akan terlibat, termasuk wisatawan yang melakukan pendakian, sebagai bentuk tanggungjawab bersama terhadap lingkungan" kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB, Mohammad Faozal di Mataram, Jum'at (2/12/2016)

Ia mengatakan, masalah sampah di kawasan rinjani karena aktivitas wisatawan melakukan pendakian sekarang ini cukup memprihatinkan dan tidak bisa dibebankan kepada pemerintah semata.

Padahal keberadaan Rinjani memberikan keuntungan bagi semua kalangan, mulai dari pelaku pariwisata, porter, masyarakat termasuk wisatawan yang melakukan pendakian juga menikmati dari keberadaan Rinjani, karena itu sudah seharusnya masalah kebersihan juga menjadi tanggung jawab bersama

"Jangan hanya mau untungnya saja, tapi tanggung jawab menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan diabaikan, itu tidak adil namanya" katanya.

Ditambahkan, selain membersihkan rinjani, juga diagendakan acara NTB Bersih. Kegiatan tersebut dimaksudkan sebagai untuk menjaga kebersihan seluruh objek wisata yang ada di NTB, terutama pada pesisir-pesisir pantai dari sampah yang sering dijadikan objek wisata oleh masyarakat.

Jurnalis: Turmuzi/Editor: Irvan Sjafari/Foto: Turmuzi


Bagikan:

Irvan Sjafari

Berikan Komentar: