JUMAT 2 DESEMBER 2016

SURABAYA--- Mahasiswa dari jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Kristen Petra (UK Petra), kemarin Kamis (1/12/2016) mengadakan service learning kepada sejumlah anak-anak Sekolah Dasar (SD) di Eks Lokalisasi Dolly tepatnya di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) RW 11 Jalan Putat Jaya No. 9b. Aksi service learning ini diwujudkan dengan aksi berbagi cerita sejarah Kota Surabaya kepada anak-anak SD. 

Para mahasiswa dengan anak-anak: Service Learning.
Tema kegiatan yang diusung yakni 'Kisah yang hampir terlupakan-Sebuah perancangan media komunikasi visual cerita rakyat Surabaya berbasis service learning Mata Kuliah Sejarah Budaya Indonesia.'

"Jadi mahasiswa ini saya suruh terjun ke Kota Surabaya secara keseluruhan untuk mencari cerita-cerita rakyat Kota Surabaya. Contohnya Sawunggaling dan Kisah Lapangan Kebraon. Mereka langsung menemui juru kuncinya untuk menggali informasi," ujar Aniendya Cristianna, S.Sn., M. Med. Kom selaku dosen pengampu mata kuliah Sejarah Budaya Indonesia kepada Cendana News saat ditemui di lokasi.

Para mahasiswa melakukan  wawancara dan observasi. Kemudian data-data tersebut dijadikan sebuah naskah cerita rakyat untuk media mendongeng kepada anak-anak di Eks Lokalisasi Dolly ini,Total ada sekitar 17 cerita rakyat yang dapat dihimpun oleh para mahasiswa di lapang.

"Ini dilatarbelakangi dari mulai pudarnya budaya bertutur dari kalangan masyarakat. Sehingga tidak banyak yang tahu sejarah-sejarah cerita yang ada di Kota Surabaya ini. Maka dari itu, kami mencoba menggali kisah-kisah sejarah Surabaya yang mulai terlupakan itu, dan kami ingin berbagi kepada anak-anak. Harapannya jangan sampai generasi mendatang seperti anak-anak ini tidak tau sejarah cerita Kota Surabaya, " imbuhnya.

Kegiatan ini, dia menerangkan, juga menjadi sarana pengabdian mahasiswa kepada masyarakat. Kegiatan ini juga wujud dukungan UK Petra pada program Pemerintah Kota Surabaya bersama Dinas Sosial dalam upaya pemberdayaan masyarakat Eks Lokalisasi.

Sementara itu, pengelola TBM, Dedy Kurniawan mengaku sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh para mahasiswa dari UK Petra ini.

"Kegiatannya bagus. Supaya anak-anak tau cerita tentang budaya Kota Surabaya yang tidak ada di buku-buku cerita yang tersedia di taman bacaan ini," tutupnya.

Jurnalis: Nanang WP/Editor: Irvan Sjafari/Foto Nanang WP
Bagikan:

Irvan Sjafari

Berikan Komentar: