KAMIS, 1 DESEMBER 2016
SURABAYA---Didampingi Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes RI), Nila F. Moeloek, berkeliling mengunjungi stan pameran dari berbagai instansi kesehatan di Surabaya. Aksi Menkes tersebut, dilakukannya setelah acara seremonial peringatan Hari AIDS Sedunia di Gedung Grahadi Surabaya pada Kamis (1/12/2016).

Nila F. Moeloek meninjau satu per satu stan pameran dalam rangka memperingati Hari AIDS Sedunia.
Aksi ini juga merupakan sosialisasi yang dilakukan Kementerian Kesehatan untuk pencegahan dan pengendalian HIV AIDS di Jawa Timur. Selain itu, melalui acara ini pula Kementerian Kesehatan juga mengenalkan rencana ke depan yakni mewujudkan Kampanye Gerakan Tes HIV. Dengan mengusung tema nasional dalam peringatan Hari AIDS Sedunia Tahun ini, Mari Kita Berubah, Masa Depan Gemilang Tanpa Penularan HIV, Menteri Kesehatan mengajak pemerintah dan juga masyarakat untuk mengutamakan upaya bisa melakukan tindakan promotif dan preventif dalam pencegahan dan pengendalian HIV AIDS.

Nila F. Moeloek berada di sebuah stan mengabadikan kunjungannya di Surabaya.
"Mengajak kepada masyarakat umum untuk tes HIV AIDS itu memang tidak mudah. Tapi tentu tetap bisa dilakukan. Makanya perlu kerjasama antara instansi pemerintah terkait dan masyarakat umum," ujar Nila, setelah selesai berkeliling menyaksikan stan-stan yang dipamerkan.

Kampanye Tes HIV AIDS yang dicanangkan saat ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang HIV AIDS. Selain itu, kampanye ini juga bermanfaat untuk menggerakkan peran serta aktif masyarakat secara luas dalam upaya pencegahan penularan HIV.

"Kita mengupayakan untuk bisa mengobati dan mencegah. Ini tidak lain agar supaya tidak menular kepada orang lain. Dan yang terpenting lagi, jangan mendiskriminasi orang-orang dengan HIV AIDS. Kalau bisa kita rangkul," katanya.

Jurnalis: Nanang WP / Editor: Satmoko / Foto: Nanang WP
Bagikan:

Satmoko Budi Santoso

Berikan Komentar: