KAMIS, 1 DESEMBER 2016
SURABAYA---Tiap tanggal 1 Desember diperingati sebagai Hari AIDS sedunia. Hari ini, Kamis (1/12/2016) Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengadakan acara seremonial peringatan Hari AIDS sedunia yang digelar di pelataran Gedung Grahadi Surabaya.

Acara yang dihadiri Gubernur Jatim, Soekarwo dan Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf ini kedatangan tamu istimewa yakni Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes RI), Nila F. Moeloek. Kedatangan Menkes merupakan rangkaian acara kunjungan yang diadakan Kementerian Kesehatan dalam mengisi peringatan Hari AIDS sedunia.

Menteri Kesehatan RI Nila F. Moeloek menyatakan penanganan penderita HIV AIDS  sudah semestinya dilaksanakan bersama antara Pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat yang mencakup organisasi profesi, organisasi kemasyarakatan, dan organisasi keagamaan.
Sebelumnya, Nila F. Moeloek telah melakukan kampanye peduli HIV AIDS di beberapa daerah, yakni di Batam, Kepulauan Riau, Sukabumi, Kota Malang, dan hari ini di Surabaya. Dalam sambutannya, Menkes mengatakan, pencegahan dan pengendalian HIV AIDS perlu mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah. Karena sejak tahun 2005 sampai dengan Desember 2015 telah dilaporkan 191.073 orang terinfeksi HIV di Indonesia. Sehingga hal ini perlu menjadi perhatian banyak pihak.

"Tidak mungkin hanya Pak Gubernur, Pak Bupati, Wali Kota, atau kami yang dari pusat saja. Melainkan ini harus kita perangi bersama," ujar Nila.

Faktor risiko penularan HIV terbanyak, Nila menambahkan, adalah melalui hubungan seks yang berisiko pada heteroseksual (66%), penggunaan jarum suntik tidak steril  (11%), lelaki dengan lelaki (3%), serta penularan dari ibu ke anak (3%).

“Prinsip dasar dalam Strategi Nasional Pengendalian HIV AIDS adalah dilaksanakan bersama antara Pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat yang mencakup organisasi profesi, organisasi kemasyarakatan, dan organisasi keagamaan," tandasnya.

Jurnalis: Nanang WP / Editor: Satmoko / Foto: Nanang WP



Bagikan:

Satmoko Budi Santoso

Berikan Komentar: