JUMAT 2 DESEMBER 2016

SURABAYA--- Perayaan Hari AIDS Sedunia  setiap  1 Desember, memiliki cerita tersendiri bagi kalangan remaja. Seperti yang diungkapkan Putri Eka Safitri, salah seorang remaja asal Kota Surabaya yang mengikuti perayaan Peringatan Hari AIDS Sedunia di Halaman Gedung Grahadi Surabaya.

Beberapa remaja Surabaya berpose di peirngatan HARI AIDS sedunia.
Putri mengaku sangat tertarik dengan tema nasional yang diangkat pada tahun 2016 ini. "Temanya kan, Mari Kita Berubah, Masa Depan Gemilang Tanpa Penularan HIV.  Tema ini menurutnya sangat cocok untuk tema tahun ini.

"Seolah kita diajak untuk bagaimana mencegah agar kita tidak terkena HIV," katanya saat ditemui selepas acara seremonial peringatan Hari AIDS Sedunia di Gedung Grahadi, Kamis (1/12/2016).

Menurutnya, sesuai sambutan yang diberikan menteri kesehatan karena Jawa Timur termasuk yang nilainya tinggi untuk penderita HIV maka perlu dilakukan pendekatan-pendekatan kepada masyarakat mengenai sosialisasi pencegahan penularan HIV AIDS.

"Khususnya untuk kaum remaja. Kan seperti yang diketahui sekarang pergaulan bebas semakin merajalela. Jadi untuk kaum remaja harapannya terus diberikan pendampingan dan arahan agar tidak sampai tertular HIV AIDS," katanya.

Sejalan dengan Putri, Nanda Dewi seorang remaja yang juga hadir dalam Peringatan Hari AIDS Sedunia di Halaman Gedung Grahadi mengatakan, selain terjebak masalah pergaulan bebas, remaja saat ini juga banyak yang terjerumus oleh obat-obat terlarang seperti narkoba.

"Perlu ada sosialisasi terus menerus oleh pihak-pihak terkait kepada kaum remaja, agar mereka tidak menjadi satu dari sekian banyak penderita HIV AIDS khususnya di Jawa Timur," ujar remaja berkaca mata ini.

Putri dan Nanda berharap, dengan diperingati Hari AIDS Sedunia ini bisa mengingatkan khususnya kepada kaum remaja tentang bagaimana menyikapi penyakit HIV AIDS.

"Ini juga sebagai pengingat bagi para remaja, yang belum terjerumus pada pergaulan bebas dan narkoba agar lebih berhati-hati lagi. Karena hal tersebut dapat menjadi sebab menularnya penyakit ini," kata Putri.

Jurnalis: Nanang WP/editor: Irvan Sjafari/Foto: Nanang WP
Bagikan:

Irvan Sjafari

Berikan Komentar: