KAMIS 1 DESEMBER 2016

LAMPUNG---Jajaran Kepolisian Daerah Lampung dan Direktoret Polisi Air (Polair) melakukan rangkaian peringatan HUT ke-66 Polair yang diperingati setiap  1 Desember. Puncak peringatan HUT Polair ke-66 tersebut diisi dengan kegiatan upacara puncak peringatan HUT di pantai Puri Gading Lempasing Bandarlampung.

Salah satu bagian kegiatan poloair Polda Lampung.
Rangkaian kegiatan peringatan HUT Polair ke-66 tersebut menurut Wakapolda Lampung Kombes Pol Bonifasius Tampoi telah diisi dengan berbagai kegiatan sepanjang bulan November baik dilakukan di markas Polair Polda Lampung maupun di Kabupaten Pesawaran Lampung diantaranya kegiatan gowes sepeda santai, lomba renang, lomba perahu kano di Pantai Mutun Kabupaten Pesawaran.

Kombes Pol Bonifasius Tampoi dalam sambutannya mengaku bangga dengan Direktorat Polair Polda Lampung yang telah menjaga wilayah perairan di wilayah hukum Polda Lampung yang cukup luas membentang dari Kabupaten Lampung Barat hingga Kabupaten Lampung Timur. Ia berharap Polair Polda Lampung bisa melakukan pengamanan wilayah laut dari kegiatan ekspolitasi laut secara ilegal, penyelundupan barang melalui laut, kekerasan di perairan dan memberikan sosialisasi kepada masyarakat nelayan terkait cara menangkap ikan yang tidak melanggar hukum di wilayah perairan.

"Peringatan ulang tahun Polair ini sekaligus menjadi momen untuk berbenah dan meningkatkan semangat kerja nyata dalam menjaga wilayah perairan Lampung dengan segala sarana dan prasarana serta keterbatasan personil yang ada,"ungkap Wakapolda Lampung Kombes Pol Bonifasius Tampoi dalam peringatan HUT Polair ke-66 di Pantai Puri Gading, Kamis (1/12/2016).

Dia berharap agar Polair, masyarakat juga bisa menjaga laut dan pantai agar menjadi bersih dan di tempat tempat wisata bisa menjadikan masyarakat lebih nyaman. Ia juga menegaskan agar masyarakat bekerjasama dengan Polair Polda Lampung bisa menjaga keamanan dan kenyamanan wilayah perairan yang ada di wilayah hukum Polda Lampung. Selain itu ia berharap pemberdayaan masyarakat disekitar pantai bisa dilakukan agar masyarakat bisa merasakan kehadiran Polair di wilayah mereka.

Dalam peringatan HUT ke-66 itu Direktur Polair Polda Lampung Kombes Pol. Rudi Hermanto menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut memeriahkan HUT Polair ke-66 dengan beragam kegiatan.

Sebagian besar kegiatan tersebut selain bersifat intern diikuti oleh para personil Polair dari seluruh Polres juga diikuti oleh masyarakat umum seabagi ungkapan syukur dan kedekatan dengan masyarakat terutama di wilayah pesisir Lampung. Selain kegiatan perlombaan, kegiatan sosial juga dilakukan oleh Dit Polair Polda Lampung dengan melakukan kegiatan anjangsana ke pantai Asuhan Kemala Puji di Rajabasa Bandarlampung.

Selain kegiatan tersebut beberapa kegiatan yang menyentuh masyarakat nelayan di wilayah pesisir diantaranya dengan melakukan kegiatan pengasapan (fogging) di desa desa nelayan untuk mencegah penyakit akibat nyamuk diantaranya demam berdarah. Selain itu Dit Polair Polda Lampung bersama sama dengan babinsa dan masyarakat Kelurahan Keteguhan melaksanakan kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan.

"Peringatan ulang tahun ini telah diikuti oleh personil Polair dan anggota masyarakat sekaligus memperkenalkan sejumlah tempat wisata di wilayah perairan Lampung khususnya di Kabupaten Pesawaran,"ungkap Dirpolair Polda Lampung Kombes Pol Rudi Hermanto.

Usai kegiatan peringatan HUT Polair ke-66 tersebut masyarakat juga ikut dilibatkan dalam kegiatan tersebut bahkan bisa menikmati berbagai hidangan merakyat seperti rebusan jagung kacang rebus,serta makanan tradisional lainnya. Peringatan HUT ke-66 juga tersebut juga diisi dengan pengibaran bendera HUT Ke-66 Kepolisian perairan yang memiliki semboyan Arnavat Darpha Mahe (Karena di Laut Kita Bangga).

Jurnalis: Henk Widi/Editor: Irvan Sjafari/Foto: Henk Widi

Bagikan:

Irvan Sjafari

Berikan Komentar: