SELASA, 10 JANUARI 2017
 
MANADO --- Sebanyak 20 mahasiswa dari Universitas of Maryland School of Public Policy, Amerika Serikat, didampingi seorang profesor, mengunjungi Sekretariat Coral Triangle Initiative (CTI) pada Selasa, (10/1/2017) di Manado, Sulawesi Utara (Sulut).

Mahasiswa Amerika Serikat dan Tim CTI.
Dalam kunjungan di kantor Sekretariat CTI Manado, 20 mahasiswa Amerika Serikat bersama Profesor Thomas Christian Hilde sempat melakukan diskusi dengan tim dari CTI tentang ekosistem laut dan terumbu karang yang ada di Sulut terutama di Pulau Bunaken.

Menurut Profesor Thomas Christian Hilde, dipilihnya Pulau Bunaken untuk menjadi bagian studi bagi 20 mahasiswa karena Pulau Bunaken sangat terkenal di dunia terutama soal terumbu karangnya. Selain itu juga karena keragaman masyarakat lokal yang bisa mengelola daerah itu hingga menjadi baik dan terkenal di dunia.

"Yang lain karena kami sangat tertarik untuk belajar bagaimana organisasi internasional seperti CTI bisa melakukan konservasi tentang terumbu karang terutama yang berada di kawasan segitiga terumbu karang," kata Thomas Christian Hilde, Selasa (10/1/2017) di Manado.

Menurut Thomas, sistem terumbu karang di Sulut sangat cantik, karena itu dia mengajak mahasiswanya juga agar bisa belajar tentang kecantikan terumbu karang terutama yang ada di Bunaken.

"Di Bunaken kami juga melakukan snorkeling dan mengunjungi Tangkoko untuk melihat binatang seperti kus-kus, tarsius atau monyet kecil, serta monyet hitam atau macaca nigra," ungkapnya.

Dia menambahkan, enam tahun silam pernah datang ke Sulut karena itu dia sangat tertarik datang lagi dan kali ini membawa mahasiswa dari berbagai jurusan, di antaranya jurusan pembangunan internasional, serta kebijakan internasional dan lingkungan, untuk melihat masalah yang ada secara konprehensif.
Jurnalis: Ishak Kusrant / Editor: Satmoko / Foto: Ishak Kusrant
Bagikan:

Satmoko Budi Santoso

Berikan Komentar: