Agro Wisata Kodam Cenderawasih untuk Rakyat

54

JUMAT, 31 MARET 2017

JAYAPURA — Inilah bukti Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD) mampu mendobrak daya tarik warga melalui agro wisata mini yang dipenuhi sayur dan buah-buahan. Dengan begini, setiap warga dapat mengunjungi dan memetik langsung dari agro sayur buah milik Penerangan Kodam (Pendam) XVII Cenderawasih.

Kapendam XVII Cenderawasih Kolonel Infanteri Teguh Pudji Rahardjo saat berikan sayur bayam merah ke pelintas ruas jalan Kodam Cenderawasih.

Pada panen perdana kali ini, setiap warga yang melintas diberi waktu untuk melihat, sekaligus memanen, serta membawa pulang sayur dan buah secara gratis. Tujuannya hanya satu, dengan adanya agro wisata mini itu dapat dimanfaatkan hasilnya bagi prajurit Pendam Cenderawasih, warga sekitar, bahkan wisata domestik yang ingin belajar cara menanam sayur dan buah dengan baik.

Awalnya lahan seluas 30 x 8 meter ini ditumbuhi rumput liar yang tiap harinya harus dibersihkan dari dedaunan kering pohon sekitar. Wajah lahan hampa itu terus menerus dilihat pelintas ruas jalan Pendam XVII Cenderawasih yang terhubung ke Kantor Wali Kota Jayapura, Polimak IV dan Jalan Alternatif.

Suasana yang tiap harinya dilintasi berbagai macam jenis kendaraan roda dua, roda empat dan roda enam itu menjadi satu ide kreatif dari prajurit TNI AD untuk mengolah lahan kosong tak terpakai menjadi sebuah contoh kecil agro wisata mini sayur dan buah.

Tak terlintas di benak Anda, lahan yang dulunya kosong dan ditumbuhi rumput liar itu kini telah dipenuhi berbagai macam sayur dan buah, di antaranya sayur sawi, bayam merah, bayam putih, kubis (kol), terong, seledri, kemangi, terong, cabe rawit, tomat, jahe, kunyit, juga buah pepaya dan  buah-buah lainnya.

Kapendam XVII Cenderawasih Kolonel Inf Teguh Pudji Rahardjo bersama istri dan anggota panen sawi.

“Ini sebenarnya hanya lahan kosong, jadi kami hanya manfaatkan lahannya menjadi sebuah kebun sayur buah. Hasilnya bukan hanya untuk kami, tapi warga sekitar dan pelintas jalan,” kata Kepala Penerangan Kodam Cenderawasih XVIII, Kolonel Infanteri Teguh Pudji Rahardjo, Jumat (31/3/2017).

Jack Sanggraway (24) salah satu warga Polimak IV, Distrik Jayapura Selatan terkagum-kagum dengan adanya kebun sayur dan buah di tengah gedung-gedung berwarna hijau pada areal Markas Kodam (Makodam) XVII Cenderawasih. “Senang sekali saya dapat sayur bayam ini, sebentar saya pulang langsung masak,” kata Jack, pemuda yang juga memiliki sebuah lahan kebun di halaman belakang rumah milik orang tuanya di Polimak IV yang tak jauh dari markas militer itu.

“Kalau di kebun saya hanya menanam singkong (ubi kayu). Saya lihat bapak tentara ini bisa tanam banyak sayur, nanti saya juga mau coba di lahan saya,” ucapnya.

Kapendam XVII Cenderawasih Kolonel Inf Teguh Pudji Rahardjo bersama istri usai panen sayur bayam merah.

Agro wisata mini milik Pendam XVII Cenderawasih ini, salah satu contoh kecil pemanfaatan lahan menjadi sebuah kebun sayur-mayur dan buah yang dapat dinikmati hasilnya bagi pemilik bahkan menjadikan tambahan ekonomi keluarga.

Jurnalis: Indrayadi T Hatta/ Editor: Satmoko / Foto: Indrayadi T Hatta

Komentar