Ahmad Safrudin: Sepeda Motor Penyumbang Terbesar Polusi Udara

0
16

SELASA, 21 MARET 2017

DEPOK  — Transportasi memang bukan satu-satunya penyebab polusi di Jakarta. Tetapi dari sektor transportasi, sepeda motor yang paling banyak penyumbang polusi  udara. Persoalannya hal itu tidak bisa dihindari, pasalnya banyak sektor yang terkait. Demikian antara lain diungkap, Direktur Komisi Penghapusan Bensin Bertimbal (KPBB), Ahmad Safrudin dalam seminar bertajuk “Road Transportation Emission in Indonesia yang diadakan di Aula Apung, Universitas Indonesia, Selasa, (21/3/2017).

Ahamd Syafrudin memakai baju putih, duduk paling kanan dalam seminar di UI,

“Untuk mengatasi masalah ini diperlukan upaya-upaya terintegrasi, dan konsistensi dalam mengatasi pencemaran lingkungan,” ujar pria yang karib dipanggil Mas Puput ini.

Dalam seminar yang diadakan oleh Research Center for Climate Change Universitas Indonesia, Puput mengusulkan perlu langkah untuk mengendalikan pertumbuhan sepeda motor. Dia menekankan harus disetting sedemikian rupa, dan ada kerjasama dari pihak-pihak terkait seperti Kementerian ESDM, Pertamina, PGN, maupun Kementerian Lingkungan Hidup.

Jika pada Juni 2018 nanti sudah diterapkan standar Euro 4, namun belum tersedia bahan bakar standar tersebut, maka kita harus meminta kepada pemerintah. “Saya tidak menghasut adik adik mahasiswa untuk demo ya!” canda Puput.

Menurut Puput penerapan standar itu satu-satunya cara untuk mengurangi polusi di Indonesia. Sayangnya, Indonesia belum bisa untuk lepas dari ketergantungan terhadap Minyak Bumi hingga  2035.

Nggak bisa langsung. Itu harus disersivikasi energi harus bertahap hingga sampai waktu yang sesuai. Ada lima hal yang harus menjadi perhatian, yaitu bahan bakar itu sendiri, engineering, rekayasa lalu lintas, standar Emisi, dan penegakan hukum.”

Jurnalis: Yohannes Fajar Nugroho/Redaktur: Irvan Sjafari/Foto:Yohannes Fajar Nugroho

Komentar