ASN Pemprov Sumbar Berkomitmen Tolak Gratifikasi

69

SENIN, 27 MARET 2017

PADANG — Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, berkomitmen untuk menolak gratifikasi. Bentuk nyata penolakan gratifikasi itu, dengan memasangkan Pin bertuliskan ‘Ayo Tolak Gratifikasi’ di seluruh ASN.

Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat, Ali Asmar

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumatera Barat, Ali Asmar, mengatakan, ASN wajib menolak gratifikasi dari seseorang atau kelompok yang berkaitan, baik secara langsung maupun tidak langsung, terhadap pelayanan, apakah atas nama jabatan ataupun kegiatan yang dilakukan. “Komitmen yang dilakukan ini seiring adanya imbauan dari Komisi Pemberantasan Korupsi. Jadi, saya ingin pemerintahan dan pelayan ASN bersih dari gratifikasi dan korupsi,” ujarnya, Senin (27/3/2017).

Sebagai bentuk komitmen ASN Pemprov Sumatera Barat, ke depan logo ‘Ayo Tolak Gratifikasi’ yang ada di Pin itu juga akan menjadi kelengkapan pakaian bersama dengan lambang KORPI, papan nama, serta lambang-lambang lainnya. Dengan adanya komitmen tersebut, jika pun ada ASN yang berada di luar jalur komitmen, maka akan diserahkan ke KPK, dan secara aturan ASN pun akan diberikan sangsi.

Sementara itu, Kepala Bagian Penerangan Biro Humas Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat, Zardi Syahrir, mengatakan, gratifikasi dan korupsi merupakan tindakan yang tidak patut untuk dilakukan. Karena ASN bekerja mengabdi untuk negera, dan memberikan pelayan yang semaksimal mungkin terhadap masyarakat.
“Bagi saya menolak gratifikasi dan korupsi tidak hanya takut berurusan dengan hukum, tapi juga takut dengan Allah, karena di dalam agama juga dilarang melakukan tindakan tersebut,” tegasnya.

Menurut Zardi, menjalankan tugas dan tanggungjawab dengan jujur adalah komitmen yang terpenting ditanamkan di dalam diri seseorang, selain adanya komitmen yang datang dari sebuah aturan, seperti imbauan dari KPK terkait tolak gratifikasi.

Jurnalis: Muhammad Noli Hendra/ Editor: Koko Triarko/ Foto: Istimewa

Komentar