Cegah Banjir, Pemkot Balikpapan Disarankan Perketat Izin Perumahan

90

KAMIS, 23 MARET 2017

BALIKPAPAN — LSM peduli lingkungan, Stabil Balikpapan meminta kepada Pemerintah Kota agar lebih tegas dalam mengeluarkan izin pembangunan perumahan. Hal ini ditujukan sebagai salah satu cara dalam mencegah banjir yang terjadi di sejumlah titik, tepatnya di 56 titik banjir yang terdata di wilayah tersebut. 

Koordinator Stabil Balikpapan Jufriansyah

Koordinator Stabil Balikpapan, Jufriansyah menyarankan agar pemerintah tidak mengeluarkan izin pembangunan, apabila pengembang tidak terlebih dahulu membangun bozem atau bendali di kawasan yang akan dibangun perumahan.

“Pastinya pengembang sebelum membangun membuat amdal dan izin lingkungan lainnya, nah itu harus lebih tegas. Mustinya bangun dulu bendali baru pembangunan perumahan. Kalau sudah banjir bagaimana,” terangnya kepada Cendana News, Kamis (23/2/2017).

Ia menyebutkan, saat ini sudah ada beberapa warga yang melapor persoalan banjir, dan rumahnya terkena longsor akibat tidak ada jalan air.

“Laporan-laporan yang masuk ini kami laporkan lagi ke Dinas Lingkungan Hidup agar nanti ditindaklanjuti,” sebut pria yang akrab disapa Jufri.

Jufri mengatakan, pemerintah harus punya ketegasan dalam menyikapi persoalan banjir dan harus serius, karena apabila tidak segera dilakukan penanggulangan bisa mengakibatkan banjir berkepanjangan.

“Memang betul kita harus selesaikan di hulunya, dan diperlukan anggaran tapi lagi defisit. Karenanya disarankan pemerintah harus tegas dalam mengeluarkan izin melihat sisi lingkungannya,” tandasnya.

Jurnalis : Ferry Cahyanti / Redaktur : ME. Bijo Dirajo / Foto : Ferry Cahyanti

Komentar