Dilanda Defisit, DPRD Ajak Pemkot Optimis

84

KAMIS, 23 FEBRUARI 2017

BALIKPAPAN — Meski Pemerintah Kota Balikpapan dalam kondisi keterbatasan anggaran, DPRD Balikpapan minta SKPD tetap optimis dan melaksanakan program kerja sesuai dengan perencanaan. Karena pemerintah harus optimis agar program-program dapat terus berjalan.

Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh.

Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh menilai kondisi APBD kota tidak seseram  yang dinyatakan Wali Kota karena ke depan upaya menghasilkan pendapatan daerah terus dilakukan.

“Sebagai lembaga pemerintah harus terus optimis apapun itu kondisinya. Selama ini sejumlah kegiatan masih bisa berjalan. Saya baru pulang dari Kementerian keuangan, dan tidak ada pemangkasan Dana Bagi Hasil (DBH) yang Rp480 miliar,” jelasnya Kamis, (23/3/2017).

Ia menyayangkan pernyataan Wali Kota Balikpapan bahwa APBD kota makin parah bahkan diambang kebangkrutan.

“Nanti kami akan ketemu beliau bahwa pernyataan seperti itu tak perlu disampaikan ke publik,” tukasnya.

Selain itu, Abdulloh juga minta warga tidak resah dengan kondisi yang terjadi, justru kota Balikpapan optimis dan yakin akan memiliki keuangan daerah yang sehat.

“Kita harus cari potensi pendapatan asli daerah yang digali. SKPD bekerja dengan maksimal, birokrasi diperlunak, jangan dipersulit,” tandasnya.

Diketahui pada APBD tahun 2017 ditetapkan sebesar Rp1,9 triliun. Pemerintah kota sudah mulai melakukan antisipasi kegiatan anggaran drngan memberikan tanda bintang atau menunda jika anggaran tidak tersedia.

Jurnalis: Ferry Cahyanti/Redaktur: Irvan Sjafari/Foto: Ferru Cahyanti

Komentar