Dirjen Bina Marga Bangun Dua Jembatan Baru di Ruas Jalan Negara Trans Flores

0
16

SENIN, 27 MARET 2017

MAUMERE — Kementrian Pekerjaan Umum melalui Dirjen Bina Marga dan Satuan Kerja (Satker) jalan negara trans Flores akan melakukan pembangunan dua buah jembatan yang berada di jalan negara trans Flores Maumere-Larantuka di wilayah timur kota Maumere yang sudah berumur puluhan tahun dan perlu dibangun baru.

Pembangunan jembatan di ruas jalan negara Trans Flores

Selain itu, juga dilakukan perbaikan rutin jalan negara yang mengalami kerusakan sepanjang jalur jalan negara dari Maumere kabupaten Sikka menuju Larantuka kabupaten Flores Timur serta dari Maumere menuju Ende kabupaten Ende.

 “Pada tahun 2017 ini ada paket pengerjaan pemeliharaan jalan secara rutin, serta jembatan, sementara pembangunan lainnya sampai saat ini belum ada,” sebut Ketua PPK Satker 64 Bali Nusa Tenggara Dirjen Bina Marga, Dirmala di ruang kerjanya, Senin (27/3/2017).

Pengerjaan jalan dilakukan PT. Waigete Abadi dari kilometer 180 di Nangahale kecamatan Talibura hingga Wairunu di Flores Timur. Sementara dari Nangahale kilometer 180 hingga ke kilometer nol di kota Maumere dikerjakan PT. Nusa Tenggara Jaya.

“Juga di jalur ini ada ?pembangunan dua jembatan yakni Wairbeler sepanjang 20 meter dan jembatan Wairbabak dengan panjang 12 meter yang berada di kecamatan Waigete dimana keduanya dikerjakan oleh PT. Catur Perkasa Tunggal,” terangnya.

Dirmala, Ketua PPK Satker 64 Bali Nusa Tenggara jalan negara Trasn Flores Dirjen Bina Marga

Sedangkan pengerjaan rutin jalan sebut Dirmala, sepanjang  45,05 kilometer, rutin kondisi 26,00 kilometer, rutin jembatan 783,50 meter dan rekonstruksi 3 kilometer. Paket tersebut saat ini sudah dimulai pengerjaannya, seperti jembatan dan beberapa ruas jalan.

Yosef  Rasi warga Waigete yang ditemui Cendana News di lokasi pembangunan jembatan Wairbeler mengakui pembangunan jembatan tersebut baru dilakukan sekitar sebulan dimana pengerjaan masih seputar membuat jembatan darurat di sebelah utara jembatan saat ini.

Ditambahkan Yosef, bila jembatan darurat selesai maka jembatan yang lama akan dirubuhkan sehingga arus kendaraan bisa melewati jembatan darurat yang dibangun hingga pembangunan jembatan selesai dilakukan.

Jurnalis : Ebed de Rosary / Redaktur : ME. Bijo Dirajo / Foto : Ebed de Rosary

Komentar