Disdukcapil Klaim 99 Persen Penduduk di Banjar Sudah Rekam e-KTP

83

SENIN, 20 MARET 2017

BANJAR — Pemerintah Kota Banjar, Jawa Barat, melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil memastikan, dari total 148.773 jiwa penduduk, yang wajib ber-KTP, 99 persen di antaranya sudah melakukan rekam data kependudukan.

Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Banjar, Entus

“Untuk mencapai angka seratus persen jelas tidak mungkin, namun kalau sudah 99 persen sudah bagus, apalagi sampai di atas 90 persan, ibarat kalau nilai di sekolah sudah mendapat predikat Sangat Baik,” kata Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Banjar, Entus, Senin (20/03).

Dikatakan, angka yang sudah mencapai 99 persen dari total penduduk Kota Banjar, yang wajib KTP tersebut sudah cukup bagus, mengingat data penduduk itu dimungkinkan data ganda, maupun penduduk warga negera Indonesia (WNI) yang berada di luar negeri.

Diakui Entus, pihaknya optimistis jumlah warga yang belum rekaman untuk pembuatan e-KTP untuk melakukan perekaman di Kantor Disdukcapil Kota Banjar terus bertambah.

“Kita targetkan sebelum pelaksanaan Pilkada Serentak 2018, semua penduduk Kota Banjar, sudah semua terdaftar dan memiliki hak pilih,” sebutnya.

Jumlah penduduk Kota Banjar, 202.362 jiwa, sedangkan yang wajib ber-KTP berjumlah 148.773 jiwa. Penduduk yang sudah melakukan perekaman e-KTP 147.370 jiwa, dan sisanya baru memiliki Surat Keterangan Identitas.

Entus berharap, penduduk Kota Banjar, yang baru memiliki Surat Keterangan (Suket) Indentitas Penduduk ini, di Tahun 2017 ini sudah bisa memiliki e-KTP.

“Kita bersama berharap mudah-mudahan blangko e-KTP di Tahun 2017 ini, cepat turun dan ada, sehingga penduduk yang hanya memiliki Surat Keterangan Identitas, segera memiliki e-KTP,” tandasnya.

Jurnalis: Baehaki Efendi/Redaktur: ME. Bijo Dirajo/Foto: Baehaki Efendi

Komentar