Dukung Pertumbuhan Teater, Jamaster Bregas Jalin Kerja Sama dengan ITERA

0
15

SELASA, 28 MARET 2017

TEGAL — Untuk melestarikan seni teater, Jaringan Masyarakat Teater Brebes Tegal Slawi (Jamaster Bregas) menjalin bekerja sama dengan Ikatan Teater Jakarta Utara (ITERA). Bentuk kemitraan tersebut, digelar sebuah parade selama beberapa hari di Gedung Teater Arena Taman Budaya Kota Tegal yang menampilkan kepiawaian pelaku seni dari Jakarta. Acara ini digelar sebagai langkah awal dalam meningkatkan dan mengembangkan teater yang ada di wilayah tersebut.

Penampilan Teater Nusantara Jakarta

Sekretaris Kepanitiaan, Faozan Suwage mengatakan, ini merupakan kerja sama perdana antara Jamas Bregas dengan ITERA. Pihaknya melihat terdapat geliat teater di wilayah Brebes Tegal Slawi, khususnya di kalangan pelajar. Menyokong hal tersebut, pihaknya mencoba membangun jaringan antar daerah sebagai upaya memberikan referensi penampilan teater dari Kota-kota besar.

“Ini akan menjadi motivasi yang akan membuat pelaku seniman teater di Tegal terus berkembang,” sebutnya kepada Cendana News, Senin (27/3/2017) malam.

Sekretaris Panitia, Faozan Suwage

Acara yang digelar hampir lima hari ini, dimulai tanggal 24 Maret hingga malam tadi menampilkan sebanyak delapan kelompok teater dari Jakarta.Selain itu juga diadakan diskusi yang akan membedah seputar pementasan, mulai penyutradaraan, keaktoran, konsep artistik, dan juga isi dari teater yang dipentaskan. Nara sumber yang dihadirkan juga beragama, muali dari para seniman teater yang telah tampil dan dari seniman lokal yang sudah senior.

Sementara itu, Halim salah seorang pemain teater Nusantara dari Jakarta mengatakan bahwa dirinya sangat senang, akan adanya kegiatan bertajuk parade teater Jakarta di Tegal, serta berharap bahwa acara-acara seperti ini akan bisa terus dilaksanakan ke depannya, tidak hanya cuma sekali ini saja.

“Semoga dengan kerja sama ini kami bisa menambah kreativitas dan khasanah potensi teater Bregas,” pungkasnya kepada Cendana News sesaat setelah pementasan terakhir dengan tema ‘PINANGAN’.

Diskusi setelah pementasan (Halim baju putih berkacamata)

Sebagai informasi, Jamaster Bregas merupakan sebuah lembaga baru, yang terdiri lebih dari dua puluh kelompok teater selingkup Brebes, Tegal dan Slawi. Kepanitiaan pada acara ini merupakan gabungan dari berbagai kelompok teater, ada yang dari pelajar, mahasiswa, umum, bahkan seniman yang sudah senior sebagai panitia pengarah.

Jurnalis : Adi Purwanto / Redaktur : ME. Bijo Dirajo / Foto : Adi Purwanto

Komentar