Gelombang Besar, Produksi Ikan Diprediksi Menurun

73

JUMAT, 31 MARET 2017

BALIKPAPAN — Gelombang besar dan cuaca yang kurang bersahabat, membuat produksi ikan laut di Balikpapan diperkirakan menurun. Bahkan dalam tiga bulan ke depan produksi ikan masih akan menurun, dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

Penjual ikan di pasar tradisional Balikpapan

Kepala Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan Kota Balikpapan, Yosmianto mengungkapkan, pada bulan April, Mei dan Juni produksi ikan akan menurun apabila dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Hal itu karena mengikuti angin laut selatan yang menyebabkan gelombang besar, sehingga nelayan dan anak buah kapal belum berani melaut.

“Kami sudah berikan imbauan kepada nelayan, berdasarkan informasi dari BMKG agar berhati-hati saat melaut karena cuaca gelombang besar di laut,” jelasnya Jumat, (31/3/2017).

Yosmianto

Sementara itu, Kabid Perikanan Dinas Pangan, Pertanian Perikanan, Titi Hasanah yang mendampingi Kadis menyebutkan, produksi ikan selama bulan Maret, meski memasuki musim penghujan masih aman. Hal tersebut ditunjukan dari hasil tangkapan nelayan di tiga tempat pelelangan ikan (TPI).

Satu TPI dapat menerima 20 kapal dengan tangkapan ikan 12 ton per hari dengan jenis tangkapan nelayan bermacam-macam diantaranya ikan Kakap, Tongkol, Tengiri, Trakulu, gembung dan layang. Sementara itu, selama Januari produksi ikan mencapai 364 ton dan jumlah itu naik pada bulan Februari 5 hingga 10 persen atau 391 ton.

Jurnalis : Ferry Cahyanti / Redaktur : ME. Bijo Dirajo / Foto : Ferry Cahyanti

Komentar