Gempa Guncang Kabupaten Minahasa Utara dengan Kekuatan 4,7 Skala Richter

66

JUMAT,17 MARET 2017

MANADO — Gempa bumi tektonik dengan kekuatan 4,7 Skala Richter pada Jumat (17/3/2017) mengguncang wilayah Kabupaten Minahasa Utara.

Hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Manado menunjukkan bahwa gempa bumi terjadi pada pukul 14:59:49 WITA dengan kekuatan Magnitudo 4.7 Skala Richter dengan episenter terletak pada koordinat 1.00 LU dan 126.11 BT, pada kedalaman 10 km.

Kepala Station Geofisika Manado Irwan Slamet menegaskan, Peta tingkat guncangan (shake map) BMKG menunjukan bahwa dampak gempa bumi berupa guncangan cukup kuat dirasakan di daerah Kota Bitung II SIG-BMKG (IV MMI), Kabupaten Minahasa Utara II SIG-BMKG (III-IV MMI), dan Kota Manado I SIG-BMKG (II-III MMI). Di daerah ini guncangan gempa bumi dilaporkan dirasakan oleh beberapa orang dan belum ada laporan kerusakan.

“Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas tektonik lempeng Laut Maluku bagian utara”, terang Slamet Jumat (17/3/2017).

Slamet menyatakan, terkait dengan peristiwa gempa bumi Laut Maluku tersebut, hingga laporan ini disusun pada pukul 17.15 WITA, belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan.

“Masyarakat dihimbau agar tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG. Khusus masyarakat di daerah Bitung dan Minahasa Utara dihimbau agar tidak terpancing isu karena gempabumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami,” ungkapnya.

Irwan Slamet, Kepala Station Geofisika Manado.

Jurnalis: Ishak Kusrant/Editor: Irvan Sjafari/Foto: Ishak Kusrant/dok.narasumber

Komentar